Connect with us

Tokoh Nasional Indonesia

Yayan ‘Mad Dog’ Ruhian, Bawa Bela Diri Silat hingga Hollywood

Yayan “Mad Dog” Ruhian, berperan besar dalam mengenalkan bela diri pencak silat hingga mancanegara.

Photo: Instagram Yayan Ruhian

Bela diri pencak silat merupakan olahraga asli Indonesia. Meski merupakan produk lokal, pencak silat ternyata kini juga dikenal hingga kancah internasional. Selain karena peran para atlet Indonesia yang mengharumkan nama bangsa melalui kompetisi olahraga internasional, beberapa tokoh lain juga ambil andil.

Salah satunya adalah Yayan Ruhian. Sobat Alter mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan “Mad Dog”. Pria yang kini berprofesi sebagai aktor tersebut ternyata punya peran besar dalam mengenalkan bela diri pencak silat hingga mancanegara. Seperti apa perannya?

Perjalanan karier sebagai aktor

Nama Yayan Ruhian mulai dikenal masyarakat saat membintangi film The Raid (2011). Dalam film tersebut, Yayan memerankan karakter algojo “Mad Dog”. Dalam film besutan Gareth Evans tersebut, ia banyak mendapat pujian. Dengan keahlian bela dirinya, karakter “Mad Dog” seolah benar-benar sulit untuk ditaklukkan.

Rupanya film tersebut membuka peluang Yayan Ruhian untuk terjun lebih dalam ke dunia perfilman. Pada 2014, ia kembali untuk sekuel The Raid, yakni The Raid 2: Berandal. Yayan kembali menjadi karakter algojo bertangan baja dalam film tersebut.

Seiring dengan kesuksesan film The Raid dan ketenarannya yang mencapai kancah internasional, nama Yayan Ruhian pun semakin berkibar. Tak tanggung-tanggung, pada 2015, ia mendapat tawaran untuk berperan dalam film Jepang dan Hollywood sekaligus. Debut film Jepang pertamanya adalah Yakuza Apocalypse. Sedangkan film Hollywood pertamanya adalah episode terbaru Star Wars, The Force Awakens.

Kenalkan pencak silat lewat film

Keunikan Yayan Ruhian saat bermain film adalah karakternya selalu digambarkan pandai bela diri, terutama pencak silat. Mulai dari Merantau (2009) hingga film terbarunya, John Wick: Chapter 3 Parabellum, ia selalu berperan sebagai karakter yang pandai bela diri pencak silat.

Baca juga:  Tak Hanya Teori Crack, BJ Habibie Juga Ciptakan 4 Karya Besar Ini untuk Indonesia

Ciri khas ini kemudian membuat Yayan Ruhian selalu diingat penonton. Penonton yang belum familiar dengan pencak silat tentu akan merasa tertarik dengan gerakan pencak silat yang berbeda dengan bela diri lain seperti karate atau kung fu.

Tanpa disadari, lewat film-filmnya, Yayan Ruhian telah mengenalkan pencak silat yang merupakan bela diri khas Indonesia kepada dunia. Terlebih dengan karakter Yayan dalam film yang selalu digambarkan kuat dan sulit dikalahkan, pencak silat pun jadi terlihat lebih menarik.

Pascaketerlibatannya dalam sejumlah film, selain mendatangkan undangan untuk casting, Yayan juga sering diundang untuk melatih bela diri pencak silat di berbagai negara. Ia dengan senang hati menjawab undangan tersebut agar pencak silat semakin populer. Jadi, bisa dibilang, ke mana Yayan Ruhian melangkah, pencak silat akan selalu dibawanya.

Aslinya seorang pelatih pencak silat

Bisa dikatakan bahwa terjunnya Yayan Ruhian ke dunia perfilman adalah berkat kenekatan. Ia sama sekali tidak punya background di bidang akting. Kesehariannya adalah melatih bela diri di kampung tempat tinggalnya di Tasikmalaya.

Ya, Yayan merupakan seorang pelatih pencak silat profesional dan berlisensi. Ia menekuni bela diri pencak silat sejak duduk di bangku SMA. Yayan remaja tergabung dalam PTSD Indonesia. Ketertarikannya pada pencak silat pun karena alasan yang sederhana, karena menonton film Jaka Sembung. Siapa sangka, ternyata ketertarikan kecil tersebut mengantarkannya kepada kesuksesan dan kepopuleran seperti saat ini.

Baca juga:  Kisah Dede Oetomo, Perjuangkan Hak-Hak Kaum LGBT di Indonesia

Dari perjalanan Yayan Ruhian sebagai aktor sekaligus pelatih pencak silat, Sobat Alter bisa belajar banyak hal. Cerita Yayan membawa pencak silat hingga ke Hollywood bisa menjadi teladan bahwa untuk mengharumkan nama bangsa bisa dengan banyak cara. Sedangkan kisahnya menekuni pencak silat adalah contoh nyata bahwa passion dan ketekunan bisa membawa kita menuju kesuksesan.

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id