Connect with us

Tokoh Nasional Indonesia

Tokoh Pejuang Kelautan dan Perikanan Indonesia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ayo berkenalan dengan tiga tokoh yang membuat kelautan dan perikanan Indonesia bisa tetap kuat dan semakin berkembang hingga detik ini.

ALTERMEDIA
Photo: Pexels

Sebagai negara dengan wilayah perairan yang luas, julukan negara maritim disematkan kepada Indonesia. Hal ini tentu saja wajar karena kekayaan laut Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia dan bisa menarik perhatian dunia.

Ya, kekayaan laut Indonesia yang melimpah membuat sosok-sosok berikut ini bisa memperkenalkan negara ini kepada dunia. Mereka memperjuangkan kelautan dan perikanan Indonesia. 

Apakah Sobat Alter penasaran? Jika penasaran, ayo berkenalan dengan tiga tokoh yang membuat kelautan dan perikanan Indonesia bisa tetap kuat dan semakin berkembang hingga detik ini.

Abdurrahman Wahid
Abdurrahman Wahid 
Photo:  Wikipedia bahasa Indonesia

Tokoh kelautan Indonesia pertama yang berhasil memperjuangkan kelautan dan perikanan adalah Abdurrahman Wahid atau yang biasa dikenal sebagai Gus Dur. Jika mendengar nama beliau, pastinya banyak yang tidak menyangka bahwa pada masa kepemimpinannya sebagai Presiden Republik Indonesia ke-4 ini, Gus Dur menciptakan Departemen Eksplorasi Laut yang merupakan cikal bakal Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Ya, ketika pada masa sebelumnya sama sekali tidak ada yang peduli atau memfokuskan satu pemimpin di kabinet pemerintahan untuk mengurus kelautan dan perikanan, Gus Dur malah melihat faktor ini harus dipimpin oleh seorang menteri.

Ide brilian ini terus dieksekusi secara perlahan-lahan, walaupun awalnya sempat mengalami kesulitan juga. Bahkan ketika sudah tidak menjabat sebagai presiden, Gus Dur masih tetap membantu para nelayan tentang kebijakan penggunaan jaring batu yang hanya menguntungkan perusahaan besar saja pada 2006. Dari sikap dan dedikasi Gus Dur dalam kelautan dan perikanan Indonesia, sudah sangat jelas beliau layak masuk ke dalam daftar ini.

Baca juga:  Dandhy Laksono, Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Lewat Dokumenter
Rokhmin Dahuri
Rokhmin Dahuri
Photo:  Wikipedia bahasa Indonesia

Tokoh kelautan Indonesia kedua yang berhasil memperjuangkan kelautan dan perikanan adalah Rokhmin Dahuri. Jika Sobat Alter masih asing mendengar namanya, Rokhim adalah Menteri Eksplorasi Kelautan yang kemudian berganti menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada 2001 hingga 2004. Sejak kecil, beliau sudah sangat dekat dengan dunia laut dan perikanan Indonesia.

Kedekatan itu dikarenakan beliau lahir dengan ayah seorang nelayan tradisional dan ibu seorang pedagang ikan pasar. Perjalanan kariernya pun dibangun berdekatan dengan dunia yang sudah dikenalnya sejak kecil itu. Bahkan ketika masih menjadi Direktur Jenderal Pesisir dan Pulau-pulau Kecil saat Gus Dur masih memerintah, Rokhmin terus mengemukakan perjuangannya kepada pemerintahan. Berkat usahanya ini, Rokhmin berhasil naik menjadi menteri di pemerintahan Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri.

Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti
Photo:  Wikipedia bahasa Indonesia

Tokoh kelautan Indonesia ketiga yang berhasil memperjuangkan kelautan dan perikanan adalah Susi Pudjiastuti. Jika Sobat Alter tidak mengikuti sepak terjang beliau selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja, maka sangat disayangkan.

Ya, pernyataan di atas tidaklah berlebihan. Wanita yang akrab dipanggil Bu Susi ini terlihat sangat jelas memperjuangkan hak nelayan yang semakin terganggu para pengusaha besar. Nama beliau tidak hanya terkenal di Indonesia saja. Ia tersohor hingga ke dunia internasional berkat salah satu kebijakannya yang dianggap kontroversial, tapi sangat didukung masyarakat Indonesia, yaitu menenggelamkan kapal asing pencuri ikan.

Baca juga:  Siti Sumiati, Bidan Apung Kepulauan Seribu yang Sukses Mendunia

Dengan kebijakannya yang ingin menjaga kekayaan laut dan perikanan Indonesia dari pihak asing, Bu Susi tidak pernah setengah hati menjalankan tugasnya dan menjadi menteri yang dicintai oleh rakyat Indonesia yang senang melihat tugasnya selama ini.

Bagaimana? Apakah Sobat Alter sudah kenal dengan tiga tokoh di atas? Demi bisa menjaga kekayaan kelautan dan perikanan Indonesia, Sobat Alter jangan lupa untuk turut ikut andil agar julukan negara maritim semakin kuat sepanjang waktu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id