Connect with us

Bagaimana cara

Tips Traveling Sendiri Yang Bantu Anda Menikmati Perjalanan

Sobat! Traveling bersama teman atau keluarga tentu terasa menyenangkan. Anda bisa menghabiskan waktu dan mengenal karakter satu sama lain dengan menyenangkan. Tetapi bagaimana rasanya traveling sendirian di kota atau negara yang baru pertama kali Anda datangi? Awalnya, Anda mungkin merasakan takut atau cemas dengan kondisi di kota traveling. Sebenarnya, ada tips traveling sendiri yang bisa Anda ikuti, yakni:

tips traveling sendiri - altermedia
Doc: Altermedia Indonesia

Pemesanan Online

reservasi online pada traveling sendiri membantu kamu

Melakukan reservasi online. Tips traveling sendiri no. 1 adalah untuk lebih tertata rapih jadwal penginapan dan transportasi akan sangat membantu. Anda tidak mungkin datang ke kota tertentu tanpa memiliki tujuan yang jelas. Kebanyakan hotel sudah dipesan jauh-jauh hari oleh para wisatawan. Ada baiknya Anda melakukan pemesanan online, jika traveling sendirian. Hal ini untuk menghindari rasa tidak nyaman harus mencari penginapan yang belum jelas, sementara Anda tidak bersama siapapun.

Jadwal Fleksibel

Jadwal yang flexible pada traveling sendiri

Tak harus terlalu bergantung pada jadwal perjalanan yang tertata rapi. Anda bisa sedikit lebih longgar dalam memilih destinasi wisata dan waktu berkunjung. Buatlah jadwal selonggar mungkin untuk menyamankan diri Anda sendiri. Momen liburan tak seharusnya membuat Anda tertekan bukan? Rencana perjalanan yang longgar juga membuka peluang untuk Anda berimprovisasi, misalnya saja mengunjungi tempat-tempat yang tak terduga.

Jalin Komunikasi

jalin komunikasi yang baik terhadap orang sekitar

Jangan segan mengajak ngobrol orang-orang di sekitar Anda. Bertemu dengan orang baru menjadi salah satu keuntungan dari traveling sendirian. Banyak wisatawan justru bertemu teman dari berbagai daerah dan mancanegara. Anda bisa pula menikmati momen tersebut untuk menambah lingkup pertemanan yang lebih luas. Hindari terlalu sering bermain gawai atau mendengarkan musik menggunakan headset di tips traveling sendiri ini.

Ungkapan Darurat

pastikan kamu punya ungkapan darurat pada traveling sendiri

Tak ada yang pernah menyangka apa yang akan terjadi di liburan Anda. Setiap orang tentu menginginkan waktu liburan yang nyaman dan aman, bagaimana kalau sebaliknya? Cobalah untuk mempelajari atau mencari tahu ungkapan darurat dari bahasa sekitar. Cara ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan bantuan. Pasalnya, penduduk beberapa daerah kerap mengalami kesulitan menguasai bahasa Indonesia atau Inggris.

Percakapan Terlarang

hindari Percakapan Terlarang dalam traveling sendiri

Sebagian besar wisatawan malas mencari tahu obrolan sensitif yang kerap dihindari oleh penduduk sekitar. Anda perlu mengetahui apa saja percakapan yang sebaiknya dihindari, seperti komunisme, perang, atau kematian. Topik semacam ini akan memicu rasa tidak nyaman dan penolakan langsung dari penduduk. Jadi, belajarlah untuk lebih peka dan bijaksana dalam memilih topik obrolan. Agar Anda lebih merasa nyaman saat ngobrol dengan penduduk asli.

Teliti Memesan Makanan

teliti memesan makanan dalam traveling sendiri

Keuntungan berlibur sendirian adalah dapat mencicipi beragam kuliner asli. Anda tak perlu meminta persetujuan orang lain untuk dapat melakukannya. Alangkah lebih baik kalau Anda berhati-hati saat memilih dan memesan makanan dari suatu restoran. Belum tentu restoran atau kafe besar menyajikan makanan yang sehat dan bebas kontaminasi penyakit. Biar tidak mengalami keracunan makanan di tempat asing, berhati-hatilah memesan makanan apapun.

Berhati-Hati

berhati - hati dalam traveling sendiri

Mengingat Anda melakukan perjalanan sendiri, Anda harus menjaga diri sendiri. Tidak ada seorang pun yang akan mengawasi dan mengatur Anda. Beberapa orang justru mengalami pengalaman tak menyenangkan ketika berlibur sendiri. Supaya tidak mengalami hal serupa, berhati-hatilah dengan semua orang. Jangan terlalu mudah mempercayai orang lain. Bisa saja mereka memiliki niat buruk terhadap Anda.Jadi, 7 tips traveling sendiri tersebut bisa Anda ikuti dengan mudah. Anda tentu tak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Tak ada salahnya untuk menggali informasi sebanyak mungkin bukan? Berlibur bukan semata-mata melepas penat saja, namun ada hal lain yang bisa Anda pelajari. Simak Artikel Tips Traveling lainnya dan buatlah liburan yang berkesan positif. Mari yuk kita coba liburan sendiri, Salam Alternative!

Mantan Karyawan Media, Advertising dan MarComm yang sekarang menggeluti Bidang Konsultan Komunikasi

Advertisement