Connect with us

Tips Inspiratif

Tips Budgeting Untuk Jalan-Jalan Setiap Tahun Yang Mudah Dilakukan

Hai Sobat Alter, liburan semakin dekat. Bagi beberapa orang, liburan setiap tahun mungkin adalah kewajiban, dan mungkin Anda juga. Namun apa daya, terkadang finansial menjadi masalah untuk kewajiban yang satu ini. Ada beberapa tips budgeting untuk jalan-jalan setiap tahun yang mungkin akan Anda butuhkan untuk liburan tahun ini atau tahun depan, yuk simak apa saja itu.

tips traveling
Photo: Doc Altermedia Indonesia
Tips traveling

1. Mengagendakan Liburan Secara Terstruktur
Mengagendakan Liburan Secara Terstruktur

Salah satu hal yang membuat boros saat liburan adalah budget accidental. Liburan yang tak terencana atau tak terstruktur akan membuat liburan Anda tak tentu ke mana dan akhirnya hanya menuruti nafsu sesaat untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu atau membeli barang-barang. Supaya liburan nanti tidak membuat Anda boros maka agendakanlah aktivitas liburan Anda sebelum berangkat.

Tips budgeting untuk jalan-jalan setiap tahun yang pertama adalah lakukan budgeting untuk segala aktivitas yang akan Anda lakukan nanti. Misalnya saja, di agenda Anda akan mengunjungi tiga tempat wisata dalam satu hari, maka penuhi agenda tersebut supaya uang Anda tidak berkurang.

Tips Traveling

2. Manfaatkan Promosi
Manfaatkan Promosi

Setelah membuat daftar agenda apa yang dilakukan saat liburan, selanjutnya Anda harus mencari transportasi dan penginapan yang mendukung. Biasanya, jika Anda memesan tiket pesawat lebih awal Anda bisa menemukan promosi atau potongan harga. Oleh karena itu, pesanlah tiket pesawat atau tiket transportasi lain jauh sebelum liburan.

Sudah ada banyak juga aplikasi yang bisa membantu Anda memesan penginapan lewat smartphone. Manfaatkan aplikasi ini untuk mencari kamar yang harga sewanya sesuai dengan budget Anda dan tetap nyaman. Jika Anda ingin sewa kamar yang murah maka Anda bisa memilih ruang yang memiliki shared bathroom Anda juga bisa pilih kamar dormitory room yang mana nantinya Anda akan tidur dengan tamu lain namun tetap satu bed untuk satu orang.

Baca juga:  Jenis Asuransi Kecelakaan dari Jasa Raharja yang Harus Diketahui

Atau, apabila Anda tetap ingin menyewa kamar yang private dengan kamar mandi yang juga private Anda bisa memilih guesthouse daripada hotel. 

tips traveling

3. Menggunakan Transportasi Umum
Menggunakan Transportasi Umum

Ingin liburan tahunan Anda lebih minim budget? Gunakan saja transportasi umum saat Anda berliburan nanti. Ya, menyewa mobil selama liburan pasti akan membuat Anda mengeluarkan budget yang cukup besar. Harga sewa mobil satu hari saja bisa mencapai 300 sampai 600 ribu rupiah, bagaimana jika liburan Anda rupanya sampai tujuh hari? Akan sangat banyak yang dikeluarkan bukan?

tips traveling 

4. Pilih Destinasi Wisata
Pilih Destinasi Wisata

Jika budget untuk liburan tahun ini atau tahun besok rupanya lebih minim dibanding liburan tahun lalu, maka saatnya Anda memilih destinasi wisata yang dekat-dekat saja. Anda bisa memilih destinasi wisata yang satu pulau dengan asal Anda. Jika ingin ke luar negeri Anda bisa jadikan Thailand, Malaysia, atau Singapura sebagai destinasi liburan.

Tips Traveling 

5. Saatnya Menyisihkan Uang
Saatnya Menyisihkan Uang

Agenda tanpa realisasi tentunya akan sama saja bohong. Setelah membuat agenda liburan, survei penginapan yang akan Anda sewa, memilih destinasi wisata, mulailah mengumpulkan uang untuk mendapatkan itu semua. Pertama-tama pastikan terlebih dahulu berapa gaji bulanan Anda. Jika liburan masih lama, maka cobalah untuk menyisihkan sekitar 10 sampai 20 persen uang dari gaji Anda.

Namun jika liburan sudah dekat, maka sisihkan sebanyak 30 sampai 40 an persen untuk mendapatkan hal-hal yang mendukung liburan Anda nantinya.Itulah lima tips budgeting untuk jalan-jalan setiap tahun yang bisa Anda lakukan untuk budgeting di liburan tahun ini atau tahun depan.Semuanya dinilai cukup mudah dilakukan kecuali poin lima, Anda harus fokus menabung supaya budget untuk liburan benar-benar terkumpul dan Anda pun tak perlu mengajukan hutang untuk liburan. Bagaimana Sobat Alter siap liburan? Salam Alternative! 

Baca juga:  Keikhlasan Pengantin dalam Pernikahan Sederhana, Kamu Bisa?

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id