Connect with us

Tips Inspiratif

Tips Aman Mengendarai Motor Saat Hujan

Mengendarai motor saat hujan terkadang berbahaya. Untuk itu, kita harus tahu cara mengendarai motor yang aman saat hujan. Seperti tips berikut.

Tips Aman Mengendarai Motor Saat Hujan

Altermedia.id – Musin hujan tiba, tapi ngantor pakai motor harus jalan terus. Sedangkan hujan yang hampir mengguyur tiap hari seperti ini selalu berpotensi menimbulkan kecelakaan. Apa yang harus dilakukan?

Tips Mengendarai Motor Saat Hujan

Tenang saja, guys! Asalkan kamu mau lakukan hal berikut, berkendara saat musim hujan tetaplah aman.

Gunakan Mantel Hujan dari Bahan yang Nyaman

Barang utama yang harus selalu ada saat musim hujan bagi pengendara motor adalah jas hujan. Ini penting sekali. Maka dari itu, pastikan jas hujan selalu ada di tas atau jok motor agar jika sewaktu-waktu hujan di jalan bisa segera digunakan.

Pakailah jas hujan dari bahan yang nyaman. Jangan yang berbahan tipis dan cepat sobek. Lebih baik sedikit mahal tapi bagus, daripada murah tapi cepet rusak.

Selalu Cek Kondisi Kendaraan

Ini juga tidak kalah penting. Periksa kondisi ban, rem, dan lampu. Pastikan ban masih bergerigi. Tidak halus. Karena kalau sudah halus, rentan terpeleset dan terjadi kecelakaan.

Sebaiknya tetap cek kondisi motor secara rutin di bengkel. Pastikan semuanya baik-baik saja.

Tetap Waspada Saat Berkendara

Bagi yang suka ngebut di jalan, sebaiknya kebiasaan itu dikurangi saat musim hujan. Keadaan jalanan yang licin ditambah banyak jalan yang berlubang akan membuat risiko kecelakaan lebih tinggi.

Tetap berhati-hatilah dalam berkendara. Jaga keselamatan diri dan orang lain di jalan.

Baca juga:  Hati-hati, Bullying Bisa Kena Penjara!

Pastikan Perlengkapan Pendukung Selalu Ada

Selain jas hujan, ada beberapa perlengkapan pendukung yang harus dibawa saat berkendara motor di musim hujan. Salah satunya adalah sandal jepit.

Meskipun terbilang sederhana dan murah, sanda jepit ini sangat berguna lho! Saat hujan turun, lebih nyaman naik motor dengan menggunakan sandal jepit daripada sepatu yang harganya jutaan.

Selalu Jaga Kesehatan

Ini juga tak kalah penting. Selalu konsumsi makanan sehat dan rajin minum vitamin C untuk menjaga kesehatanmu. Pengendara motor selalu dituntut punya kesehatan yang prima agar bisa berkendara dengan aman.

Yup! Itulah yang wajib kamu perhatikan jika tetap ingin berkendara motor saat musim hujan. Tetap waspada dan jaga keselataman diri serta pemakai jalan lainnya.

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id