Connect with us

Tokoh Nasional Indonesia

Sosok-sosok di Balik Keputusan Deddy Corbuzier Mualaf

Deddy Corbuzier sudah secara resmi memeluk agama Islam dan menjadi mualaf setelah berguru dengan Gus Miftah dan rutin mendatangi kajian Cak Nun

Altermedia.id
Photo: instagram @masterCorbuzier

Mengawali karier di panggung hiburan sebagai seorang magician dan mentalis, kini sosok Deddy Corbuzier juga populer sebagai host untuk program talkshow bertajuk Hitam Putih. Tidak berhenti sampai di situ saja, berbagai iklan televisi dan film pernah dibintangi oleh pria 42 tahun tersebut. Dikenal sebagai sosok cerdas dengan pemikirannya yang begitu kritis, Deddy Corbuzier mengejutkan publik dengan keputusannya memeluk agama Islam beberapa waktu lalu.

Terlatih menghadapi bullying sejak kecil

Jauh sebelum menjadi sosok sukses seperti saat ini, semasa kecilnya Deddy sering kali menjadi korban bullying dari teman-teman di sekolah. Hal ini terjadi lantaran latar belakang keluarga sederhana, sementara ia masuk sekolah elite dengan teman-temannya yang terbilang jauh lebih mampu secara ekonomi. Di samping itu, Deddy kecil juga memiliki tubuh yang cukup gemuk, sehingga lengkap sudah bahan ejekan yang bisa diberikan untuknya di masa itu. Inilah yang membuat Deddy cukup “tahan banting” dengan komentar warganet alias netizen di media sosial pribadinya.

Tidak naik kelas karena disleksia

Meski berhasil meraih gelar master psikologi di Universitas London, Inggris, ternyata Deddy pernah tidak naik kelas saat duduk di bangku Sekolah Dasar. Namun, kondisi disleksia ini baru disadari saat sudah berada di SMA. Semasa sekolah, Deddy mengaku sulit mengikuti pelajaran, mengingat nama teman, hingga menghapal rute jalan dari rumah ke sekolah. Bahkan sampai saat ini, selama memandu acara talkshow, timnya harus menyiapkan tulisan nama bintang tamu pada sebuah papan tulis yang diletakkan persis di depannya.

Baca juga:  Deddy Corbuzier, Sosok Penuh Inspirasi di Balik Penampilan Sangar

Jadi pesulap di Dunia Fantasi

Jauh sebelum menjadi pesulap yang populer dan punya banyak penggemar, di usianya yang masih 12 tahun, pemilik nama lengkap Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo ini pernah mempertunjukkan aksi sulapnya di Dunia Fantasi (Dufan). Saat itu, ia bahkan hanya menerima bayaran sebesar Rp50.000 untuk satu kali tampil. Baru pada 1998 ia mendapat kesempatan tampil di layar televisi. Tampilan unik dan nyentrik ala Kaisar Ming membuat sosoknya mudah dikenali oleh masyarakat luas sejak saat itu.

Tertarik dengan Islam sejak bertemu Gus Miftah

Gus Miftah, pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji, untuk kali pertama bertemu dengan Deddy Corbuzier saat menjadi bintang tamu di acara Hitam Putih. Keakraban mulai terjalin karena obrolan-obrolan yang nyambung, termasuk banyak pertanyaan Deddy Corbuzier tentang Islam. Keduanya bahkan sempat beberapa kali melakukan kolaborasi di channel YouTube. Muncullah pengakuan Deddy bahwa ia ingin berguru dengan Gus Miftah dan belajar banyak hal terkait Islam di kajian-kajian Cak Nun.

Mantap menjadi mualaf

Setelah delapan bulan wira-wiri mempelajari agama Islam, Deddy akhirnya mantap memeluk agama Islam dan menjadi seorang mualaf. Prosesi perpindahan agama ini berlangsung pada 21 Juni 2019 di Masjid Al-Mbejaji yang masih berada satu kompleks dengan Pondok Pesantren Ora Aji, Yogyakarta, yang diasuh oleh Gus Miftah. Setelah melalui prosesi tersebut, K.H. Ma’ruf Amin menyarankan agar Deddy menambahkan nama Islam tanpa perlu mengganti nama aslinya. Meski sempat galau, nama Ahmad Deddy Cahyadi akhirnya dipilih oleh pria berkepala plontos tersebut.

Baca juga:  Karier Raisa Andriana: Dari Paduan Suara ke Penyanyi Idola

Sobat Alter, keputusan Deddy Corbuzier menjadi mualaf masih menuai pro dan kontra sampai saat ini. Beberapa pihak memberi dukungan, sementara tidak sedikit pula netizen yang mengaitkan hal ini dengan hubungan Deddy dan tunangannya, Sabrina Chairunnisa, mantan finalis Puteri Indonesia 2011 yang beragama Islam. Bagaimana kalau menurut pendapatmu?

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id