Connect with us

Tokoh Alter Media

Robby Firlian Barista No. 9 Di Dunia

Altermedia.id – Karena kepo kepada kopi, Robby Firlian menemukan bakat yang mengantarkannya kepada kesuksesan. Hai Sobat Alter, kali ini Alter akan membahas tentang perjalanan karier Robby Firlian (26). Berawal dari perjalanan karier yang berliku, akhirnya Robby menemukan bakatnya yang terpendam dan dapat mengeksplorasi hobinya menggambar.

Awal Karier

Latar belakang pendidikan yang ia ambil adalah jurusan F&B Product. Setelah lulus ia sempat bekerja di hotel sebagai chef. Tuntutan rapi dan bersih tanpa brewok, membuat Robby merasa agak jemu. Ia senang dengan grooming asal tidak mewajibkan untuk mencukur brewoknya. Kebetulan ada beberapa coffeeshop yang memperbolehkan barista memelihara brewok tetapi tetap good looking. Akhirnya ia memutuskan untuk sedikit keluar jalur dari produk makanan dan minuman dan pindah menjadi barista.

“Awalnya kepo sama kopi. Sekarang kan coffeeshop sudah menjamur tuh di mana-mana. Terus gue nongkrong di salah satu coffeeshop dengan brand internasional. Gue pesan hot latte waktu itu. Pas gue perhatikan foam-nya, gue hirup aroma kopinya, dan gue cicip, kayak ada yang beda. Dari situ gue kepo“, ucap Robby.

Karena rasa penasarannya tersebut, Robby memutuskan untuk mencoba melamar pekerjaan di coffeeshop ternama itu. Dengan diterimanya menjadi barista tidak membuatnya langsung cinta kepada kopi. “Gue mulai terjun di dunia kopi pada awal 2015, cuma masih belum suka banget sama kopi”, ujarnya. Ia kemudian menganggap pekerjaan barista menjadi membosankan. Lalu, Robby memutuskan resign dan mencari coffeeshop lain yang lebih memberikan tantangan. “Akhirnya gue masuk St. Ali pada 2016. Nah, di sana gue mulai benar-benar tertarik dengan kopi,” ucap Robby.

Baca juga:  Pelopor Bisnis Kopi Coffee Shop Di Desa Batur

Karier Profesional

Berawal rasa penasaran dengan teknik yang ribet dalam membuat kopi latte, ia pun menekuni latte art di St. Ali, yang membantunya dengan memberikan pelatihan. “Dari roastery lab St.Ali gue belajar banyak tentang kopi dari pertumbuhan, jenis kopi, proses kopi sampai menjadi sebuah minuman. Gue pun mulai mendalami kopi,” ucapnya kembali.

Rasa ingin tahu dengan proses teknik manual brew membuatnya berpikir bahwa teknik tersebut ribet. Ternyata, ada satu teknik lagi yang unik dan memiliki tantangan tersendiri baginya. “Gue jadi teringat waktu order latte di gerai kopi brand internasional itu. kok bisa ya buat seperti itu? Bagaimana ya caranya? Gue pun tertarik latte art. Gue memang aslinya suka gambar. Jadi, kenapa enggak gue tuangkan saja ya di secangkir kopi. Hehehe. Dengan banyak orang yang suka latte, mereka mungkin tambah suka kalau gue gambar sesuatu di atasnya. Menurut gue, membuat latte art yang rapi dan drinkable adalah tantangan. Awal gue buat latte art enggak langsung rapi. Gue terus belajar untuk memperbaiki latte art sampai bisa menggambar apa pun yang ingin gue gambar di secangkir kopi itu,” tutur Robby.

Cute Art latte

Kompetisi Barista

Dengan latihan dan kerja keras, Robby lantas tertarik untuk bisa mengikuti kompetisi. Di St. Ali, Robby mendapat kesempatan untuk mengikuti kompetisi tersebut. St. Ali kerap mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional. Mereka memiliki ketentuan dan syarat yang berlaku bagi setiap barista mereka. Untuk bisa menjadi perwakilan, tes diadakan buat seluruh barista St. Ali. Apabila memang layak, mereka yang lolos dapat mendaftar dan mulai latihan secara intens di roastery lab St. Ali.

Baca juga:  Inspirasi Carolina Septerita, dari SPG sampai Chief of Art Wardah Cosmetics

Sobat Alter, kita dapat menarik kesimpulan dari cerita Robby di atas kalau Sobat Alter masih berpikir bagaimana meraih kesuksesan. Kesuksean itu tidak dapat kita tunggu dengan melipat tangan saja atau bekerja secara monoton tapi jiwa Sobat Alter tidak di sana. Ada baiknya melihat peluang, dan menaruh hasrat Sobat Alter dalam pekerjaan tersebut. Teruslah berusaha, berjuang sampai kesuksesan yang Sobat Alter inginkan tercapai. Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id