Connect with us

Tips Inspiratif

Sekolah Cara Racik Kopi yang Benar

anomali coffee
Photo: Instagram @anomalicoffee

Altermedia.id – Sobat Alter yang mau sukses jadi seorang pengracik kopi, kamu wajib banget menempa pendidikan di sekolah-sekolah barista sebelum menyandang gelar “juragan kopi”. Di Indonesia, ada 31 jenis kopi Nusantara dengan ciri khas dan cara penyuguhannya masing-masing. Berikut ini adalah sekolah-sekolah yang menyediakan ilmu untuk Sobat-sobat semua. 

@anomalicoffee

Pada awalnya, tempat ini berfungsi sebagai coffee shop saja. Namun, karena tren kopi semakin meningkat, reputasi tempat ini sebagai coffee specialist semakin hari semakin baik dan dikenal orang banyak. Maka, Anomali Coffee pun membuka kelas kopi untuk masyarakat umum yang mau belajar membuat racikan kopi. Beberapa keahlian yang bisa kamu dapatkan dari Anomali Coffee ini di antaranya adalah:

  1. Basic espresso.
  2. Advance espresso.
  3. Latte art class.
  4. Kelas manual brewing.
  5. Cupping class.
  6. Selain itu ada juga kursus racik kopi kilat selama 2 hari.

Hanya dengan 1,5 juta rupiah, Sobat bisa memelajari dasar tentang kopi dan penyuguhannya dalam waktu 3 hari.

@eastindischekoffie

Sekolah barista yang satu ini berlokasi di Bandung, tepatnya di daerah Lembang, diresmikan pada 16 september 2016 oleh Direktur Jenderal BINAPENTA & PKK, Drs. Herry Sudarmanto, M.H. Meski terbilang masih baru, jangan ragukan kemampuan siswa lulusan east indische ini. Pasalnya, mereka memiliki kelengkapan infrastruktur yang memadai untuk menciptakan barista andal dan profesional. Bukan itu saja, mereka juga memiliki dukungan penuh dari pemerintah Indonesia untuk bisa menciptakan barista yang benar-benar andal dan profesional di bidangnya.

#ABunchofcaffeinedealers (ABCD)

Ini sekolah barista yang paling direkomendasikan nih. Sekolah barista yang satu ini memiliki kurikulum yang mirip dengan sekolah pada umumnya. Materi pembelajaran di sekolah ini akan dibagi menjadi 4 bagian, yaitu appreciattion, brewing, cupping, dan latte. Para siswa yang belajar di sini akan belajar mengenai bagaimana cara menakar, menggiling, hingga membuat sajian kopi yang menarik dan memiliki daya jual tinggi. Selain itu, peserta didik juga akan belajar mengenai pemahaman secara mendalam tentang kopi.

 

Baca juga:  Kaum Milenial Jangan Terbawa Arus dengan Status “Janda atau Duda”

Jadi, bagi Sobat Alter yang memiliki impian menjadi seorang pengracik kopi profesional, coba saja salah satu sekolah barista di atas. Silakan comment di bawah untuk ngobrol lebih lanjut

 

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id