Connect with us

To Be Honest (TBH) - NEW

Minuman beralkohol tradisi pulau Alor

Setiap daerah di Indonesia terdapat beragam minuman dan kuliner khasnya masing – masing. Dalam kesempatan ini altermedia.id akan membahas minuman beralkohol pulau Alor, yang di sebut Sopia. Kata Sopia ini berasal dari bahasa belanda zoopje yang artinya alkohol cair. Yuk kita simak pembahasan berikut. (cek youtube channel altermedia indonesia untuk video review)

minuman keras kahs pulau alor
kiri adalah tuak lontar dan kanan adalah sopia laru

Sopia adalah minuman beralkohol yang secara resmi beredar di daerah NTT, Khususnya pulau Alor. Minuman yang berasal dari air pohon buah lontar, mengandung alkohol sekitar 30-40% (perkiraan) dan minuman beralkohol golongan C. Untuk di sekitar pulau alor, bahan dasar air pohon lontar ini, hanya terdapat di pulau Pura. Warga pulau Alor telah mencoba untuk menanam pohon lontar tersebut di sekitaran pulau Alor, namun gagal. 

Proses pembuatan

Melalui proses vermentasi selama kurang lebih 2 hari, air yang berasal dari pohon lontar tersebut di alirkan ke tungku tanah liat, dipanaskan sampai penguapan terjadi. Hasil dari upan air vermentasi tersebut dialirkan ke wadah yang menjadi Sopia, proses ini memakan waktu sekitar 10 jam (jam 7 pagi sampai jam 5 sore)

Seorang pembuat sopia di pulau Pura, dapat memproduksi sopia kurang lebih 35 liter sopia dalam satu hari (setelah melalui proses 2 hari vermentasi), yang akan dikemas dalam bentuk botol – botol air mineral 600 ml dan di jual dengan harga Rp 15.000 / botol

Penjualan minuman Sopia

sopi minuman beralkohol khas pulau alor
kemasan tuak lontar dan sopia laru

Distribusi Sopia ini, akan di berikan kepada penadah / penjual di pusat kota pulau Alor, Kalabahi. Dahulu kala, minuman ini hanya di konsumsi pada saat upacara besar / upacara adat, namun setelah gaya hidup berubah, maka minuman ini dapat mudah ditemukan di pusat kota atau di pualu Pura, setiap harinya dan umum di minum oleh warga Alor sejak pagi hari, dengan minum konsumsi 2 gelas penuh di pagi hari.

Baca juga:  Mexican Independence Day Party 2019 - Motel Mexicola Bali

Berani coba Sopia Guys? ato sekedar jalan – jalan saja ke pulau Alor? yuk simak konten video diatas. Salam alternative!

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topics

Advertisement

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id