Connect with us

Tokoh Nasional Indonesia

Martha Itaar dan Vanda Astri Korisano, Pilot Wanita Asal Papua yang Membanggakan Indonesia

Di balik konflik rasisme yang sering menyerang masyarakat Indonesia, Martha Itaar dan Vanda Astri Korisano justru membuktikan diri bahwa mereka berhasil menjadi pilot wanita pertama asal Papua.

pilot wanita indonesia dari papua
Photo Credit: ceknricek.com

Pilot wanita di Indonesia hingga saat ini jumlahnya masih sangat sedikit. Jika ditotal, hanya ada sekitar kurang dari 200 pilot yang ada. Jumlah tersebut sangat kalah jika dibandingkan rasio pilot pria di Indonesia yang jumlahnya bisa mencapai 7.000 lebih. Akan tetapi, sejak tahun 2016 jumlah pilot wanita di Indonesia mengalami peningkatan hingga 200%. 

Dari sekian banyak pilot wanita di Indonesia tersebut, ada 2 orang pilot yang berprestasi dan membanggakan. Mereka adalah Martha Itaar dan Vanda Astri Korisano. Hal yang membuat bangga lagi adalah keduanya merupakan putri daerah terbaik yang berasal dari Papua dan berhasil membuktikan bahwa wanita Papua juga mampu menjadi penerbang berkemampuan tinggi di Indonesia.

Profil Martha Itaar

Martha Itaar berhasil menyelesaikan pendidikan pilotnya selama 3 tahun dengan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Papua. Wanita kelahiran 21 November 1996 ini menjalani pendidikan pilotnya di Nelson Aviation College, Selandia Baru pada tahun 2015 lalu. Akan tetapi, ketika mengikuti proses uji pilot wanita di Kemeneterian Perhubungan, dirinya harus memiliki izin menerbangkan pesawat komersil di tanah air.

Izin penerbangan yang dikantongi oleh wanita pencinta basket dan renang ini cukup banyak dan bergengsi. Beberapa di antaranya adalah DGCA License, Private Pilot License, Commercial Pilot License dan Multi Engine Instrument Rating, serta Frozen Airline Transport Pilot License. Karier pilot Martha Itaar semakin lancar ketika instruktur penerbangan dari Nelson Aviation College, Will Valintine memberinya rekomendasi. Sebelum menyelesaikan pendidikan pilotnya, Martha Itaar adalah pelajar di SMA Negeri 1 Jayapura tahun 2011-2014. 

Baca juga:  Film Gundala Karya Joko Anwar Sukses Tembus Toronto International Film Festival 2019

Mengenal Lebih Dekat Vanda Astri Korisano

Nama pilot wanita pertama selanjutnya yang membanggakan Papua adalah Vanda Astri Korisano.  Vanda merupakan wanita berbakat yang berasal dari Abepura, Jayapura, Papua Barat. Dirinya lulus dengan predikat baik dari Aviation for Airline Preparation, Nelson Aviation College di Selandia Baru, tepatnya pada Januari 2018 lalu dengan pendidikan diploma.

Pendidikan tersebut berhasil dia tempuh selama 3 tahun yang dimulai sejak tahun 2015 lalu. Untuk mengubah lisensinya, Vanda pun meneruskan pendidikannya di Genesa Flying Academy. Tujuannya ialah mendapatkan lisensi yang diterapkan Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Kementerian Perhubungan Sipil Kementerian Perhubungan, yaitu Indonesia DGCA License.

Izin penerbangan lainnya yang dimiliki pilot wanita ini adalah Frozen ATPL Subject dan New Zealand Comercial Pilot License serta Aerobatic Rating. Sementara itu, penghargaan internasional yang dia raih adalah Best All-round Flying Performance for International Student 2016-2017. 

Direkrut Maskapai Berplat Merah

Berbekal kemampuan dan prestasi kedua pilot wanita asal Papua tersebut, akhirnya perusahaan penerbangan plat merah di tanah air, yakni Garuda Indonesia, merekrut keduanya. Uniknya lagi, mereka juga merupakan angkatan pertama yang bergabung dengan Garuda Indonesia. Ini merupakan komitmen dari Garuda Indonesia dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada putra-putri daerah yang berprestasi di bidang penerbangan.

Martha Itaar akan menempuh pendidikan pilotnya dan kemudian ditempatkan pada Citilink Indonesia. Martha akan menjalani proses pelatihan pilot lebih lanjut bersama Citilink. Sementara itu, Vanda Astri Korisano akan bekerja di Garuda Indonesia. Sebelumnya, dirinya harus mengikuti pendidikan pilot di Garuda Indonesia Training Center (GITC). Rencananya, dia juga akan menerbangkan tipe pesawat Boeing 737-800 NG. 

Baca juga:  Setelah ‘Hijrah’, Zaskia dan Shireen Sungkar Sukses Jadi Enterpreneur Muda

Keberhasilan Martha dan Vanda sebagai pilot wanita pertama yang berasal dari Papua diharapkan mampu memberikan motivasi kepada generasi muda agar memiliki semangat pantang menyerah dalam mengejar cita-citanya, terutama untuk putra-putri berprestasi di Papua.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id