Connect with us

Tips Inspiratif

Lakukan 5 Cara Ini Agar Motormu Tak Cepat Panas

Panas berlebih pada mesin motor ternyata juga tidak baik. Tapi ada cara yang bisa dilakukan supaya mesin motor tidak cepat panas. Simal tips ini.

Cara Agar Motor Tak Cepat Panas

Altermedia.id – Tentu sebuah masalah tersendiri ketika motormu tiba-tiba mengalami overheat atau mesin yang cepat panas. Masalah ini jelas akan mengganggu perjalanan. Mungkin pertama kamu akan mengira bahwa penyebab overheat adalah oli motor yang kualitasnya kurang bagus. Perkiraan awal itu perlu dicermati lagi.

5 Cara Agar Motor Tak Cepat Panas

Ketika oli sudah diganti dengan kualitas terbaik pun motor masih tetap bisamengalami overheat. Jika motormu mengalaminya, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

Panaskan Motor Sebelum Digunakan

Sekalipun sedang dalam keadaan terburu-buru, jangan lupa untuk memanaskan motor. Luangkan waktu antara dua hingga tiga menit untuk memanaskan motor agar seluruh bagian mesin bisa tersirkulasi oleh oli dengan baik.

Periksa Cairan Pendingin

Di dalam motor ada cairan pendingin atau water coolant yang berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang panas ketika dinyalakan.


Jika sampai water coolant ini kurang dari yang seharusnya, mesin motor akan cepat panas karena proses pendinginan kurang optimal. Maka selalu cek cairan pendingin. Jika perlu diganti, datanglah ke bengkel terdekat.

Cek Kinerja Kipas Radiator

Selain cairan pendingin, komponen lain yang diperlukan untuk menurunkan panas mesin motor adalah kipas radiator. Kipas ini berfungsi menurunkan suhu panas pada mesin motor. Lakukan pengecekan pada kinerja kipas.

Pemeriksaan semakin dibutuhkan terutama jika motormu telah berumur tua. Jika diperlukan, lakukan penggantian agar tidak membahayakan.

Baca juga:  Desa Terbersih Di Dunia, Destinasi Weekend ini guys!

Selalu Atur Kerapatan Piston

Piston dengan posisi yang terlalu rapat akan menghambat saluran pelumasa. Bila terlalu rapat, piston dan saher tidak dapat bergerak secara lancar.

Cobalah untuk mengatur kerapatan piston. Namun jika kamu belum paham mengenai seberapa besar kerapatannya, sebaiknya bawalah ke bengkel terdekat.

Berikan Oli Yang Sesuai Dengan Mesin

Kamu tahu, ‘kan, salah satu fungsi oli adalah mengontrol suhu pada ruangan mesin. Oleh sebab itu, gantilah oli secara teratur dengan oli yang sesuai dengan karakteristik mesinnya.

Tak perlu bingung memilih oli. Cukup pilih oli sesuai dengan petunjuk yang ada di buku manual.

Bagaimana? Sangat mudah, bukan? Kamu bisa mencoba menjadi mekanik bagi motormu sendiri.

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id