Connect with us

Tokoh Nasional Indonesia

Karier Raisa Andriana: Dari Paduan Suara ke Penyanyi Idola

Dari kisah Raisa, Sobat Alter bisa belajar bahwa idealisme yang disesuaikan dengan realita pun bisa membawamu menuju kesuksesan.

Photo Credit: Instagram Raisa

Jika Sobat Alter mendapat pertanyaan siapa penyanyi wanita terbaik di Indonesia saat ini, nama Raisa Andriana mungkin akan jadi salah satu nama yang sering disebutkan. Penyanyi asal Jakarta ini memang bisa dibilang sebagai penyanyi yang naik daun. Meski begitu, kesuksesan tersebut tidak diraihnya secara instan. Raisa perlu perjalanan karier yang panjang untuk bisa meraih popularitasnya saat ini. Seperti apa?

Hobi menyanyi

Raisa kecil memiliki hobi menyanyi. Sosok ibu merupakan inspirasi pertamanya untuk bernyanyi. Untuk menyalurkan hobinya, saat duduk di bangku sekolah, ia pun mengikuti ekstrakurikuler paduan suara. Saat itu, guru musiknya menilai suara Raisa cukup bagus dan tidak terdengar fals. Fakta tersebut kemudian membuat Raisa sering ditunjuk menyanyi solo.

Menurut Raisa, menyanyi merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Dengan bernyanyi, ia merasa dapat mengekspresikan perasaannya. Berkaca dari para idolanya, Brian McKnight, Alicia Keys, dan Joss Stone, ia ingin melantunkan lagu yang enak didengar juga bisa membuat orang lain merasa bahagia. Menyanyi menurutnya bisa menyalurkan kebahagiaan.

“Ngamen” di kafe

Perjalanan karier Raisa tidak langsung dimulai dengan langkah yang mudah. Sebelum menjadi penyanyi yang terkenal seperti sekarang, Raisa sempat ngamen. Ia bahkan rutin menyanyi dari kafe ke kafe. Dalam beberapa kesempatan, Raisa juga menyanyi di acara pernikahan kenalannya.

Saat itu, ia tidak terlalu mementingkan bayarannya. Asal bisa menyanyi dan tampil di hadapan banyak orang, menurutnya sudah menjadi bayaran yang berharga. Menyanyi secara rutin di hadapan banyak orang adalah salah satu caranya untuk melatih skill.

Bergabung dengan band

Hingga akhirnya ia diajak bergabung dalam band yang dibentuk Kevin Aprilio, Andante. Di grup band yang kemudian berganti nama menjadi Vierra ini, Raisa ditunjuk menjadi vokalis. Sayangnya, di tengah jalan ia memutuskan untuk berhenti. Perbedaan visi misi dengan personel lain dan calon label membuat Raisa kesulitan menemukan musikalitas yang diinginkannya.

Baca juga:  Tokoh Pejuang Kelautan dan Perikanan Indonesia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Keputusan tersebut justru membuat Raisa sadar bahwa ia ternyata tidak cocok berada dalam sebuah grup. Ia merasa bahwa ia lebih cocok menyanyi solo. Dengan bernyanyi solo, ia bisa tetap menjaga idealismenya.

Debut karier profesional

Setelah gagal debut bersama grup band, pada 2009 Raisa memutuskan untuk menggarap album. Rekan kuliahnya yang sekaligus personel RAN, Asta Andoko, bersedia menjadi produser. Berbeda saat masih berada di band, ia merasa ada kesamaan visi dan misi dengan Asta.

Walau begitu, proses pembuatan album tersebut tidak selamanya berjalan mulus. Kesibukan Raisa untuk menamatkan pendidikannya dan Asta yang sibuk berkarier dengan RAN membuat album debutnya baru bisa dirilis pada 2011.

Beruntung, sambutan masyarakat sangat positif. Single debut solonya, “Serba Salah”, langsung banyak dibicarakan orang. Videonya saat pertama menyanyikan single tersebut bahkan memiliki banyak viewers dalam waktu singkat, meski sebenarnya video tersebut hanyalah rekaman biasa yang direkam tanpa edit.

Singkat cerita, Raisa kini telah berhasil menjadi satu penyanyi wanita sukses di Indonesia. Karya-karyanya didengar banyak orang, bahkan dijadikan inspirasi. Namun, ternyata kesuksesan memang tidak bisa datang secara instan. Dari kisah Raisa, Sobat Alter bisa belajar bahwa idealisme yang disesuaikan dengan realita pun bisa membawamu menuju kesuksesan. Semoga kisah di balik kesuksesan karier Raisa ini bisa menginspirasi Sobat Alter, ya!

Baca juga:  Kisah Dede Oetomo, Perjuangkan Hak-Hak Kaum LGBT di Indonesia

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id