Connect with us

Tips Inspiratif

Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Banyaknya jasa asuransi terkadang membuat kita bingung memilih. Penting untuk mengetahui berbagai asuransi yang ada. Berikut jenis-jenis asuransi di Indonesia.

jenis asuransi yang ada di Indonesia
Sumber: google image

Altermedia.idDi zaman sekarang, memiliki asuransi sangatlah penting dalam mengalokasikan dana keuangan kita sebagai sarana untuk berjaga-jaga apabila di kemudian hari kondisi keuangan sedang tidak baik. Namun, tahukah Sobat Alter apa saja jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia?

Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

Ada banyak jenis asuransi yang dikembangkan di Indonesia, yang kebanyakan di antaranya sudah tidak asing lagi di telinga, seperti asuransi pendidikan, bisnis, rumah dan properti, umum, jiwa, dan lain-lain.

Jenis Asuransi Umum

Asuransi  umum atau dalam bahasa Inggris disebut general insurance adalah jenis asuransi yang diberikan kepada pihak ketiga atas dasar tanggung jawab atas kerugian yang diderita. Asuransi ini diberikan dalam jangka pendek, yaitu sekitar satu tahun.

Asuransi umum terbagi menjadi dua, yaitu Jaminan Sosial (Social Insurance) dan Asuransi Sukarela (Voluntary Insurance). Jaminan sosial adalah jenis asuransi umum yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara sebagai jaminan hari tua.

Karena sifatnya wajib, pembayaran premi dilakukan dengan unsur paksaan, seperti pemotongan gaji setiap bulannya.

Jenis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa  merupakan jenis asuransi finansial yang diberikan oleh pihak asuransi ketika seorang pemegang polis mengalami kematian dengan nominal yang sesuai dengan ketentuan.

Pembayaran premi biasanya dilakukan setiap bulannya dengan jumlah yang juga disesuaikan dengan kesepakatan.

Ada beberapa jenis asuransi jiwa yang dikembangkan di Indonesia, di antaranya:

Baca juga:  Keikhlasan Pengantin dalam Pernikahan Sederhana, Kamu Bisa?

1.   Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi jiwa berjangka yaitu jenis asuransi jiwa yang hanya diberikan pada kurun waktu tertentu saja. Kontrak yang ditawarkan yaitu 5 tahun, 10 tahun, dan 20 tahun. Pada jenis asuransi jiwa berjangka, nominal premi tetap dan relatif lebih murah.

Asuransi ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kemampuan finansial yang terbatas karena nominal premi per bulannya bisa kamu tentukan sendiri sesuai dengan kemampuan.

Selain itu, jumlah nominal uang pertanggung jawabannya juga terhitung cukup besar, bisa sampai milyaran rupiah.

Pihak yang akan menerima uang pertanggungjawaban dari pihak asuransi adalah ahli waris yang ditinggalkan, jika pemegang polis meninggal pada masa kontrak masih aktif.

2.   Asuransi Jiwa Seumur Hidup ( Whole Life Insurance)

Asuransi Jiwa Seumur Hidup diberikan pihak asuransi sebagai perlindungan seumur hidup (100 tahun maksimal). Asuransi ini cocok bagi kamu yang tidak memiliki tanggungan dan tertarik menabung jangka panjang.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari asuransi jiwa seumur hidup, di antaranya yaitu premi yang sudah dibayarkan bisa diuangkan, tidak ada sistem premi hangus meskipun kamu tidak melakukan klaim, dan uang premi yang sudah dibayarkan kepada pihak asuransi akan diberikan seluruhnya pada saat kontrak berakhir (100 tahun).

3.   Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance adalah jenis asuransi jiwa yang pada dasarnya memiliki dua manfaat, yaitu asuransi jiwa berjangka dan juga tabungan. Dengan memilih asuransi jiwa dwiguna, berarti kamu akan mendapatkan dua manfaat tersebut.

Baca juga:  Mendalami Kompetisi Latte Art

Keuntungan yang bisa kamu rasakan saat memilih asuransi jiwa dwiguna yaitu kamu bisa klaim polis sebelum masa kontrak berakhir untuk kepentingan yang lebih mendesak. Selain itu, kamu bisa mendapatkan seluruh uang pertanggungan jika pada masa kontrak berakhir kamu masih hidup.

4.   Asuransi Jiwa Unit Link

Jenis asuransi jiwa yang terakhir yaitu asuransi jiwa unit link di mana ketika memilih asuransi ini kamu memiliki manfaat gabungan, yaitu asuransi dan investasi.

Jenis asuransi ini adalah jenis asuransi jiwa yang umumnya ditawarkan oleh agen asuransi di mana-mana.

Keuntungan dari asuransi jiwa jenis unit link yaitu kamu akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu jaminan perlindungan dan juga hasil investasi.

Bunga tahunan asuransi ini cukup tinggi sehingga keuntungan yang diperoleh juga lumayan.

Nah, itulah tadi jenis-jenis asuransi umum dan asuransi jiwa yang ada di Indonesia. Dengan mengetahui jenis-jenis asuransi umum dan asuransi jiwa di atas, bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih jenis asuransi yang tepat ke depannya.

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id