Connect with us

Tips Inspiratif

Inilah Potret Perubahan Bali Dari Masa Ke Masa

Semua daerah mempunyai keunikan masing-masing begitu juga dengan daerah yang ada di Indonesia. Selain karena keindahan alamnya juga karena keunikan budaya dari setiap daerah. Bali ialah suatu kata yang tidak terlepas dari panorama pariwisata.

bali, pantai batu belig

Altermedia.id – Inilah Potret Perubahan Bali Dari Masa Ke Masa. Nah, sebenarnya Pulau Bali juga sebuah pulau yang sederhana sebelum adanya turis yang datang berkunjung. Nah kini kita akan melihat potret bali di masa silam hingga perubahan Bali dari masa ke masa.

Tahun 1908 – Intervensi Belanda di Bali

Peta perbentengan Belanda di Jagaraga, Sawan, Buleleng 

Perubahan Bali dari masa ke masa diawali dari tahun 1908. Tahun ini dimulainya langkah untuk sektor pariwisata di Bali dimana saat itu juga Raja Bali yang terakhir jatuh di hadapan Kolonial tentara Belanda. 

Jadi, perwakilan dari perusahaan, bank, hingga maskapai pelayaran sangat menikmati langkahnya dalam memonopoli jalur pelayaran yang ada antara berbagai pulau. Bahkan juga sempat didirikan semacam asosiasi yang bergerak di bidang pengaturan lalu lintas pariwisata di Hindia Belanda yang didirikan di Batavia. 

Tahun 1924 – Bali Mulai Menjadi tempat wisata

Ritual Adat Bali, menjadi daya tarik bagi para turis Belanda, Singapura, etc

Tahun inilah dimana secara khususnya para wisatawan mulai berkunjung ke Bali. Ini terjadi setelah pelayaran mingguan antara Batavia, Semarang, Singapura serta Surabaya ke Pelabuhan Singaraja hingga menuju ke Makassar dibuka. Kegiatan ini bisa berjalan lancar sebab saat itu KPM menerima penumpang untuk naik ke atas kapal. Dimana kapal ini awalnya bukan digunakan untuk mengangkut penumpang tetapi mengangkut berbagai bahan makanan mulai dari kopi bahkan juga digunakan untuk mengangkut babi. 

Baca juga:  Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Pesawat Jasa Raharja

Tahun 1928

hotel tertua di bali
Inna Bali Heritage Hotel, berganti nama setelah beberapa kali pemugaran

Tahun 1928 didirikan Bali Hotel oleh pihak KPM yang juga sebagai pengganti pesanggrahan dari Denpasar. Selanjutnya pesanggrahan Kintamani pun diperbaiki  dan ini digunakan khusus untuk para wisatawan yang ingin memanjakan diri dengan indahnya Danau Batur yang penuh pesona. 

Tahun 1933 – Airpot Pertama di Tuban

Foto Peresmian Airport Tuban

Saat ini dibuka jalur penerbangan antara Bali dan Surabaya. Inilah salah satu perubahan Bali dari masa ke masa yang cukup signifikan. 

Tahun 1934 – Gilimanuk dan Banyuwangi sibuk

Foto senja di Pelabuhan Banyuwangi

Pelayaran bolak balik terjadi pada tahun 1934 dimana tiap harinya ada kapal feri yang datang dan pergi. Jalurnya antara Gilimanuk yang ada di ujung barat Bali dengan Banyuwangi yang ada ujung Timur pulau Jawa. Peningkatan jumlah pengunjung cukup pesat yaitu sebanyak 3 ribu tiap tahunnya. 

Tahun 1963 – Bung Soekarno-Hatta Melakukan Pembangunan Besar Terhadap Bali

Pembangunan Hotel terus bertambah seiring dengan turis yang meningkat

Sebuah hotel Bali Beach dibangun yang lokasinya ada di pantai Sanur dilakukan peresmian di tahun 1966. Pembangunan ini dilakukan atas permintaan Presiden Soekarno Hatta. Saat itu juga ada rencana pembangunan lima tahun dimana jumlah wisatawan kembali meningkat dimana pada tahun 1968 sebanyak 51 ribu wisatawan. Tetapi di tahun 1973 meningkat  sebanyak 270 ribu pengunjung.

Tahun 1989 – Bali Sadar Wisata

Sembahyang merupakan kebiasaan adat Bali

Dilakukan promosi dengan langkah kampanye judulnya Sadar Wisata dengan pesonanya dibedakan  menjadi 7 point, yaitu keamanan, ketertiban, keindahan, kesejukan, kebersihan, kenangan hingga keramahtamahan. 

Baca juga:  Inilah 7 Macam Masakan Itali Favorite Orang Indonesia

Tahun 1994

Kunjungan para wisata ke pulau Bali kembali meningkat yaitu sebanyak 2,5 juta jiwa. Kunjungan ini terus meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Tahun 2018

Tahun lalu kunjungan wisatawan ke pulau Bali sebanyak 6 juta jiwa lebih. Semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung, maka ekonomi masyarakat setempat yang menggantungkan hidupnya berdagang di situ setidaknya ikut terbantu. Pulau Bali bukan hanya sebagai etalase saja namun juga terus dikembangkan untuk pembangunan pariwisata yang ada di Indonesia. Untuk menarik banyak wisatawan asing, kini juga ada di bangun program pengembangan pembangunan lima pariwisata diantaranya Borobudur, Labuan Bajo, Likupang, Mandalika dan Danau Toba. 

Nah, bagaimana sobat alter? inilah sejarah singkat potret perkembangan sektor pariwisata yang ada di Bali dari masa ke masa. Bagi yang belum ke Bali penasaran tidak dengan keadaan Bali sekarang? Jika penasaran silakan segera kunjungi ya. 


Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topics

Advertisement

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id