Connect with us

Tips Inspiratif

8 Film Kartun yang Tidak Layak untuk Anak-Anak

Film kartun atau animasi sangat identik dengan anak-anak. Tapi ternyata tidak semua film kartun baik untuk anak. Seperti film kartun tak layak anak berikut ini.

Photo: Instagram @spongebob

Altermedia.id – Film kartun atau animasi sangat identik dengan anak-anak. Meski saat ini tontonan untuk anak sudah beragam jenisnya, kartun masih jadi yang paling digemari. Namun, ternyata tidak semua film kartun itu bisa disaksikan oleh anak-anak.

Tidak semua film kartun memiliki jalan cerita yang bersifat edukatif, seperti 8 film kartun berikut ini:

Film Kartun Tak Layak Anak

1. Ren and Stimpy.

Salah satu film kartun besutan Nickelodeon ini memang sangat tidak layak untuk ditonton anak-anak. Aksi kekerasan yang ditampilkan dalam serial kartun ini sangat berlebihan.

Bahkan, kabarnya John Kricsfalusi sang pencipta karakter kartun ini dipecat dari studio.

2. South Park

Kalau dilihat dari gambarannya, film kartun ini bercerita tentang kehidupan anak-anak SD. Sayangnya, kehidupan anak-anak dalam film ini, yang seharusnya penuh kegembiraan, bertolak belakang dengan konten yang penuh tindakan dan ucapan tidak layak untuk ditonton. Film kartun asal Kanada ini sarat kekerasan dan perundungan (bullying). 

3.       Tom and Jerry

Karakter Tom and Jerry yang pertama kali dibuat pada 1940 ini memang sangat populer. Namun, sayangnya berbagai adegan di film tersebut sangat tidak edukatif.

Perilaku Tom yang selalu menyiksa Jerry dengan menggunakan barang-barang tajam dan benda keras membuat film ini tidak layak untuk disaksikan oleh anak-anak.

4. Crayon Shinchan

Kartun asal Negeri Sakura ini yang diputar setiap hari Minggu di salah satu stasiun televisi Indonesia bukan merupakan tontonan buat anak-anak di Jepang sana. Kok bisa?

Baca juga:  10 Hal yang Bisa Membuat Ibu Bahagia

Banyak sekali adegan vulgar, termasuk dialognya, dalam film kartun Crayon Shinchan yang sangat tidak pantas untuk dilihat dan didengar oleh anak-anak.

Film ini menggambarkan sebagai bentuk sarkasme dari beberapa budaya lokal Jepang juga. Hmmm.. Kenapa di Indonesia bisa menjadi tontonan anak-anak, ya, Sobat?

5. Sausage Party

Film ini menceritakan kehidupan lauk pauk seperti sosis, kol, dan daging yang dipilih manusia berdasarkan seleranya. Namun, ketika tahu manusia memilihnya untuk dihancurkan, lauk itu pun menyesal dan berusaha untuk kabur.

Bagi kalangan dewasa, tidak akan menjadi masalah melihat adegan mengupas, memotong, dan memakan yang ditampilkan dengan begitu kejam. Tapi, bagi anak-anak, apakah cocok? Bagaimana menurut kalian?

6.  SpongeBob SquarePants

Mayoritas anak-anak Indonesia tidak asing lagi dengan film kartun Spongebob yang sering diputar di televisi setiap minggunya. Dalam film kartun ini, ada beberapa adegan di mana karakternya menggunakan bahasa yang tidak pantas.

Adanya suara seperti lumba-lumba untuk menyensornya turut mengamini ujaran tak pantas itu. Ada banyak juga humor-humor sindiran yang bisa membingungkan anak-anak. Jadi, jangan terlalu berharap film ini pantas untuk anak-anak.

7. Coal Black and de Sebben Dwarfs

Kartun ini menampilkan adegan yang sangat tidak pantas. Banyak adegan rasis dan mengandung pornografi di dalamnya.

8. Family Guy

Family Guy merupakan film kartun yang berasal dari Amerika yang digarap oleh Seth McFarlane. Film ini memiliki rating yang tinggi.

Baca juga:  Tips Traveling Sendiri Yang Bantu Anda Menikmati Perjalanan

Sayangnya, film ini dianggap tidak mendidik karena kontennya yang eksplisit dan cukup vulgar untuk anak-anak.

Sudah paham, khan, Sobat Alter, mengenai beberapa film kartun yang tidak pantas untuk ditonton oleh anak-anak seperti di atas?

Mari kita lebih selektif untuk memberikan film kartun yang layak ditonton anak-anak Anda. Jangan lupa berikan pendapatmu di bawah post ini. 

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id