Connect with us

Traveling Indonesia dan Luar Negeri

Naik Cable Car Dengan Sistem terbesar di Dunia, Ngong Ping 360. Hong kong

Di Hong Kong ada Cable Car System terbesar di Dunia, namanya Ngong Ping 360. Cable Car ini di bangun dengan tujuan wisata ke pulau lantau, pulau yang terkenal dengan ‘the big buddha’. Berikut opini gw mengenai Cable Car di Hong kong.

Tinggi Cable Car Ngong Ping 360 di Hong Kong adalah 585 meter atau 4x tinggi Monas (132 Meter)

Tinggi Cable Car Ngong Ping 360 di Hong Kong adalah 585 meter atau 4x tinggi Monas (132 Meter)

Pada ketinggian ini kita bisa menikmati pemandangan yang sangat luas ampir keseluruhan kota Hong Kong, Chek Lap Kok International Airport (Hong Kong International Airport), Pelabuhan Hong Kong dan Bukit – Bukit menuju ke Pulau Lantau.

tinggi monas
doc video altermedia.id

Ngong Ping 360 Cable Car juga menawarkan 2 jenis pemandangan Cable Car, ada yang berlantai tembus pandang di sebut Crystal Cabin dan ada yang tidak tembus pandang, namun pemandangan tetap 360 derajat di kedua kabin tersebut.

crystal cabin Ngong Ping 360

Opini saya, kalian harus coba naik Crystal Cabin karena naik cable car ini kan mau menikmati sensasi tergantung di ketinggian 4x tinggi tugu Monas, dengan lantai tembus pandang sensasi ini terasa banget! apa lagi di iringi suara hembusan angin kencang dan kabin yang sedikit mengayun terbawa angin hahaha…..

Ngong Ping 360 crystal cabin

Baca Juga: Artikel cara bikin visa China di Bali

Lama Perjalanan Ngong Ping 360 Cable Car adalah 20 menit sampai dengan 25 Menit menuju Pulau Lantau

Lama Perjalanan Ngong Ping 360 Cable Car
map perjalanan cable car hong kong

Ngong Ping 360 Cable Car ini punya 3 stasiun dan 7 tower yang menghubungkan antara daratan dan pegunungan, trip melewati lautan dan pegunungan tinggi. Terkadang angin di lautan bertiup kencang, maka cable car akan di perlambat untuk menghindari goyangan angin. tapi perjalanan tetap aman, karena jenis cable car ini mempunyai sistem pengaman yang solid dan pihak Ngong Ping 360 Cable Car sudah melakukan puluhan jam uji coba dan pernah menemukan beberapa vault design sejak awal dibangun dan sudah di perbaiki sehingga perjalanan lebih aman dan nyaman.

Ngong Ping 360 Cable Car review traveling hong kong
bentuk cabin sama, namun mempunyai lantai yang berbeda

Harga Tiket Ngong Ping 360 Cable Car atau cable car di Hong Kong

berapa harga tiket cable car hong kong
harga tiket dapat berubah sesuai dengan musim dan tahun

Pada saat low seasson harga tiket bisa 250an $HK untuk trip bolak – balik dan bisa menggunakan Cyrstal Cabin pada saat pergi dan pulang menggunakan cabin biasa.

Tapi pada saat high seasson harga tiket dapat melonjak, bisa mencapai 250an $HK untuk 1 trip menggunakan Crystal Cabin. Perhatikan pengumuman promo harian di loket dan website, terkadang di hari tertentu harga tiket dapat di potong hingga 50% untuk trip 1 arah, dan anada bisa kembali menggunakan bus umum dari pulau lantau untuk kembali ke Pulau Hong Kong, harga tiket relative lebih murah, hanya saja perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam, karena jalan cukup berliku.

Baca Juga: Tips Menemukan Hotel Murah Di Kota Makassar

Fakta Mengenai Pulau Lantau atau Lantau Island

Besar area wisata di Pulau Lantau adalah 5 hektar, terdiri dari;

  • Stasiun cable car
  • Toko Souvenir
  • Restaurant
  • Mini Market
  • Tugu Big Buddha
  • Tempat tinggal para biksu
  • Taman
  • Stasiun Bis

Fakta Mengenai The Big Buddha

Awalnya area ini adalah biara biksu buddha (Po Lin Monastery) yang kemudian menjadi terkenal karena di bangun tugu Big Buddha (Tian Tan Buddha) sebagai tujuan wisata religi sekaligus untuk tempat sembahyang.

Tugu Tian Tan Buddha selesai dibangun pada tahun 1993 dengan biaya $HK 60Juta yang terbagi menjadi beberapa bagian yaitu;

Tangga, jumlah tangga adalah 268 anak tangga untuk mencapai ke dasar tugu Big Buddha

doc altermedia.id

Altar, basis dari Tian Tan Buddha adalah gambaran kelopak bunga teratai yang melingkari tugu ini. Di dalamnya terdapat ruangan berbentuk melingkar seperti pada Temple od Heaven, Beijing. Ruang ini bertujuan untuk mendoakan arwah yang sudah meninggal, semoga seluruh kebaikan selama arwah tersebut hidup di terima oleh surga (Hall of Good Harvest)

doc altermedia.id

Kaki dan tangan, posisi lipatan kaki dan gestur tangan melambangkan Sakyamuni Buddha pada saat Ia mendapatkan enlightenment saat bertapa di bawah pohon Bodhi

Badan, badan yang terbuat dari 1600 potong perunggu

Kepala, model yang di gunakan adalah replika dari patung Longmen Grottoes dengan bahan pembuatan dari perunggu dan emas murni, kilau emas dapat di lihat pada siang hari.

Kalian kalau mau naik cable car ini naik MRT dan berhenti di stasiun Tung Chung Station dan keluar di Line B

potret tung chung station di sore hari

Daerah Tung Chung juga terkenal dengan mall factory outlet brand – brand ternama seperti puma, evisu, nike, new balance dan lain – lain. Lantai dasar mall ada supermarket yang lengkap untuk belanja keperluan rumah tangga dan terdapat nasi bungkus dengan relative lebih murah dari restaurant lengkap dengan 1 pilihan daging dan 2 pilihan sayur

Nah! banyak cara kan menikmati liburan tanpa harus keluar biaya lebih, tapi cukup mewah kok. Selamat Traveling Hong Kong.

Tonton video diatas untuk full review trip dari changi airport, bangkok, hong kong dan macau.

Mantan Karyawan Media, Advertising dan MarComm yang sekarang menggeluti Bidang Konsultan Komunikasi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *