Connect with us

Tokoh Nasional Indonesia

Ernest Prakasa, dari Seorang Komika Menjadi Sineas Andal

Keberhasilan Ernest Prakasa menjadi seorang komika hingga sutradara sukses tidaklah terlepas dari mimpinya.

Photo Credit: Instagram

Nama Ernest Prakasa sepertinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi generasi milenial. Ya, pria kelahiran 29 Januari 1982 ini memang bisa dibilang sukses menekuni dunia industri kreatif dan hiburan Tanah Air. Kiprahnya mulai dari menjadi seorang penyiar radio, komika, aktor hingga kini menjadi seorang sutradara. Tidak mengherankan bila dia juga disebut-sebut sebagai sineas andal di masa mendatang. Bagaimana perjalanan kariernya selama ini?

Mengawali karier sebagai penyiar radio

Tak banyak orang yang mengetahui latar belakang maupun karier Ernest Prakasa sebelum sukses menjadi seorang komika. Ketika masih duduk di bangku kuliah, tepatnya di jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran, Ernest Pakasa sudah menekuni profesi sebagai pelaku dunia hiburan. Hal ini dia buktikan dengan menjadi seorang penyiar radio swasta.

Karier awal sebagai penyiar radio inilah yang membuatnya bergabung dengan label rekaman terbesar di Indonesia, Universal Music dan Sony Music. Di dunia industri musik, karier Ernest Prakasa bisa dibilang moncer dan sukses selama enam tahun.

Sukses sebagai komika

Sukses dalam industri musik Tanah Air membuat Ernest Prakasa tidak membuatnya berhenti menjajal pengalaman baru. Kali ini, dia pun mencoba memasuki dunia komedi dengan menjadi seorang komika. Hal ini dia buktikan dengan mengikuti seleksi Stand-Up Comedy yang diadakan oleh sebuah stasiun televisi swasta. Ernest Prakasa juga dinyatakan lolos dengan menduduki tiga besar dalam ajang tersebut. Inilah yang menjadi batu loncatannya untuk menjadi seorang komika sukses.

Baca juga:  Film Gundala Karya Joko Anwar Sukses Tembus Toronto International Film Festival 2019

Prestasinya di dunia komika pun cukup membuatnya melejit. Bersama Raditya Dika dan beberapa kawan komika lain, dia mendirikan komunitas Stand-Up Indo. Dalam komunitas tersebut, Ernest Prakasa didaulat sebagai ketua pertama hingga Juni 2013. Selama menjadi seorang komika, Ernest Prakasa menjalani tur komedi tunggalnya pada 2012 lalu di beberapa kota di Indonesia. Turnya sendiri diberi tajuk nama yang cukup unik yakni “Tur Merem Melek”.

Menjadi aktor

Bukan Ernest Prakasa namanya jika tidak mencoba pengalaman baru. Setelah sukses di dunia komika, dia pun lantas terjun ke dalam dunia akting dan perfilman. Beberapa film layar lebar pun telah dia bintangi bersama para aktor dan aktris senior Tanah Air lainnya. Sebut saja film ‘Comic 8’ yang dirilis pada 2014 lalu.

Ernest pun sukses bermain peran di film tersebut bersama sederet komika lainnya. Film lainnya yang juga tak kalah sukses dia bintangi adalah ‘Kukejar Cinta ke Negeri Cina’, ‘CJR The Movie’, ‘Ngenest’, ‘Rudy Habibie’, hingga ‘Cek Toko Sebelah’.

Sempat dianggap proyek aji mumpung

Terjunnya Ernest Prakasa dalam dunia akting sempat dianggap aji mumpung oleh para warganet alias netizen. Menanggapi hal tersebut, dia pun lantas membuktikannya dengan segudang prestasi. Selain menjadi aktor, Ernest Prakasa juga menjadi penulis skenario. Bahkan dirinya pernah memenangi penghargaan dalam gelaran film bergengsi, seperti Festival Film Indonesia dan Piala Maya, sebagai penulis skenario Terbaik. Tiga film yang menjadikanya sukses menjadi penulis skenario terbaik adalah ‘Ngenest’, ‘Cek Toko Sebelah’, dan ‘Susah Sinyal’.

Baca juga:  Selalu Tampil Glamor, Syahrini Sudah Berbisnis Sejak Muda

Kini, Ernest Prakasa menjadi seorang penulis skenario dalam dunia perfilman. Dia pun membentangkan sayap dengan menjadi seorang sutradara muda. Menjadi sutradara ini juga membawanya ke tampuk pencapaian karier nan gemilang. Sebagai sineas muda, kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. Beberapa kali dia mendapat penghargaan sebagai sutradar film terbaik yang dia tangani sendiri. Film yang masuk  Box Office Indonesia yang dia tangani adalah ‘Milly dan Mamet’ dan juga sebagai spinoff dari film ‘Ada Apa Dengan Cinta?’.

Keberhasilan Ernest Prakasa menjadi seorang komika hingga sutradara sukses tidaklah terlepas dari mimpinya. Sebagaimana dia ceritakan kepada Kapanlagi.com, dia berkeinginan seperti stand up comedian Hollywood yang juga sukses dalam dunia perfilman, khususnya sebagai aktor sekaligus sutradara.

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id