Connect with us

Tips Inspiratif

Cara Menghadapi Orang Tua yang Terkena Post Power Syndrome

Orang tua biasanya sangat rentan terkena post power syndrome. Untuk itu perlu segera dicarikan solusi terbaik, salah satunya dengan cara berikut ini.

cara mengatasi post power syndrome

Altermedia.id Menghadapi masa pensiun bagi sebagian orang merupakan momok yang sangat menakutkan. Mereka yang telah lanjut usia akan mengalami ketakutan-ketakutan dalam kelangsungan hidup diri dan keluarganya.

Jabatan atau kekuasaan yang pernah dipegang sebelumnya harus berakhir ketika masa pensiun itu telah tiba. Sebagian menganggap pensiun adalah berakhirnya karier dalam bekerja. Padahal, masih banyak bisa dilakukan setelah pensiun.

Jabatan atau kekuasaan dalam pekerjaan merupakan status sosial yang dimiliki seseorang. Salah satu hal yang memengaruhi kemampuan seseorang dalam menghadapi masa pensiunnya adalah status sosial.

Dalam bekerja sudah tentu ada masa pensiun seiring usia pekerja yang terus bertambah. Perubahan status sosial akan lebih terasa bagi mereka yang memiliki kekuasaan atau jabatan selama bekerja.

Mereka akan mengalami kehilangan semua perlakuan khusus yang diberikan selama bekerja semisal penghormatan. Bagi yang tidak menerima kenyataan dan hanya memiliki pergaulan yang terbatas, hal ini akan berdampak sangat buruk.

Orang yang lanjut usia biasanya akan merasakan kesepian dalam usia tuanya itu. Di sinilah pentingnya seseorang dalam menjalin pergaulan sebagai makhluk sosial. Ketika baik dalam bermasyarakat, maka kelak kita akan merasakan perlakuan yang baik pula.

Dalam hal inilah peran keluarga, terutama anak-anaknya, yang akan mampu memberikan semangat agar orang tua mereka tetap mampu menjalani kehidupan.

Keluarga harus sangat memperhatikan bagaimana kondisi kesehatan orang tua baik secara fisik maupun sacara psikis.

Baca juga:  7 Perawatan Motor Matic yang Kadang Terlupakan

Peran keluarga sangat penting dalam menemani orang tua yang kemungkinan mengalami post power syndrome. Keluarga mampu memberikan yang terbaik bagi orang tuanya dengan cara berdiskusi, bertukar pikiran. Keluarga juga mampu melihat bagaimana orang yang lanjut usia membina hubungan baik dengan teman sebayanya.

Bantuan bisa juga dengan memberikan kegiatan-kegiatan yang memungkinkan orang tua tidak merenung dan menyendiri di rumah. Misalnya, keluarga dapat menemani kegiatan olahraga pagi, kegiatan sosial, atau sesekali mengajaknya pergi berlibur.

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id