Connect with us

Bagaimana cara

Cara Berhemat Bahan Makanan,Supaya Tidak Sering Keluar Rumah

Bahan makanan pokok seperti daging, sayuran, cabe, garam, gula dan lainnya yang mengharuskan kita untuk keluar rumah adalah hal yang paling menantang pada keadaan virus covid19 sekarang. Kita hanya sharing sedikit dalam pengalaman untuk menghindari hal – hal ini, Yuk Dimulai

social distancing
Photo: Doc Altermedia Indonesia

Kebiasaan kita untuk menganti menu masakan di rumah memang di haruskan untuk menghindarikan kejenuhan makanan yang itu – itu saja dan kemudian di protes oleh keluarga. Tapi mengingat masa #DiRumahAja sekarang ini, sebagai orang tua kita harus bisa mengajarkan anak untuk turut prihatin dan toleransi terhadap situasi sekarang. Sehingga tidak terjadi panic buying ataupun menimbun makanan terlalu berlebih.

Begini cara kami Berhemat Bahan Makanan,Supaya Tidak Sering Keluar Rumah

Tidak Terlalu bervariatif

Resep Masak steak sandwich ala #diRumahAja
Resep Steak Sandwich alam #DIRumahAja

Coba untuk memproses daging atau ayam atau ikan dalam jumlah banyak namun dengan cara yang sama. Di kombinasikan dengan karbohidrat yang berbeda – beda tiap jam makan. Hal ini banyak di siatkan oleh kebanyakan orang barat, yang cenderung menunya banyak mengolah dari bahan dasar yang sama

Contoh pada Resep Steak Sandwich Ala #DiRumahAja saya telah membuat olahan daging steak yang tentunya tidak di habiskan langgsung, namun ke-esokan harinya saya dapat memasaknya lagi dan di sajikan dengan nasi, pasta, mie instan, roti (lagi), etc.

Pilih Bahan Makanan Segar Namun Tahan Lama

Pastinya kita akan terpikirkan makanan yang sudah siap saja di dalam kemasan kaleng (canned food) atau frozen food atau mie instant. Kita tidak ada penolakan dengan makanan ini, namun ada baiknya bila kita memilih makanan yang lebih berbahan alami.

Bahan Makanan yang tahan lama seperti;

  • Paprika, paprika, kol, mentimun bila di simpan menggunakan kantung plastik di rak kulkas, dapat bertahan selama 5 hari sampai 1 minggu
  • Sayuran hijau, Jahe / jahe potong, kacang Hijau, jamur, lobak dapat bertahan 1 minggu di laci kulkas menggunakan plastik dan lapisan kertas
  • Wortel dapat bertahan di laci kulkas selama 3 minggu
  • Bawang – bawangan, kentang, telur dapat bertahan 1 bulan bila belum di keluarkan / di kupas dari kulit.
  • Daging – dagingan dapat bertahan selama 1 – 2 bulan bahkan lebih, bila tidak dikeluarkan dari freezer sekalipun. Yang biasa kami lakukan adalah mempotong sesuai porsi sekali makan. Contoh saja untuk daging ayam, kami beli dalam keadaan utuh dan minta untuk di potong menjadi 8 atau 10 bagian. Sesampainya di rumah, makan bagian ini kami akan perkecil lagi, kemudian bungkus bagian kecil ini menggunakan plastik warp menurut porsi sekali makan.
  • Karbohidrat seperti beras, pasta, kentang, mie, bihun dan lainnya, dapat bertahan 1 sampai 2 bulan. Untuk yang suka dengan Roti, coba dengan memasukan roti ke kulkas. Kami lakukan untuk mempertahankan roti 1 minggu lebih lama dari tanggal expired, bisanya berhasil, kemungkinan berbeda merek berbeda pula hasilnya.
  • Buah – Buahan pada umumnya akan bertahan 2 minggu bila di laci kulkas dan tidak lembab. Karena suhu pada kulkas memperlambat pembusukan pada buah.

Pilih Bahan Makanan Yang Di awetkan

Moms & Dads juga harus lebih berstrategi dalam berbelanja, terkadang bosan untuk masak terus menerus mungkin sesekali ingin makanan yang cepat saji, seperti;

  • Mie Instant, ini adalah makanan yang harus siap sedia (haha). Selain enak, kenyang dan murah.
  • Biskuit Regal, biskuit legendaris ini dapat di olah menjadi bermacam – macam. Dimakan begitu saja, di campur air atau susu kental manis atau susu segar, di campur dengan puding. Makanan simple namun sehat bila di konsumsi tepat waktu dan porsi sewajarnya Dan baik untuk penderita maag.
  • Makanan Kaleng, seperti sarden, tuna, ayam rica – rica dan lainnya. Adalah pilihan tepat bagi kita bila tengah jenuh memasak.

Cemilan dan minuman seperti teh botol, kusuka, dan lain-lain kami hindari dalam list belanja di hipermart, Bukan kami anti akan makanan ini, Namun kami mengamati pada saat sekarang mini market sering mengadakan diskon istimewa seperti beli 2 dapat 1, potongan Harga mulai dari Rp 2.000 dan sebagainya

Hal – hal diatas hanya sharing kami dalam mensiasati social distinsing dan #DiRumahAja #DiRumahSaja #StayHome dan kami kembali ke pola makan setiap keluarga dan jangan lupa berolah – raga.

#StayHome #StaySafe #DiRumahAja #DiRumahAja “semoga pandemic cepat berlalu”

Mantan Karyawan Media, Advertising dan MarComm yang sekarang menggeluti Bidang Konsultan Komunikasi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *