Connect with us

Tokoh Nasional Indonesia

Belajar Jadi “Orang Bodoh” yang Sukses dari Bob Sadino

Ada banyak pelajaran dan motivasi yang bisa dipetik dari kehidupan pengusaha sukses Bob Sadino. Termasuk jadi “orang bodoh” yang sukses!

altermedia indonesia
Photo: Wikipedia bahasa Indonesia

Pengusaha sukses asal Lampung, mendiang Bob Sadino, memang memiliki kisah hidup yang selalu menarik untuk dibahas. Selain penampilannya yang selalu terlihat nyentrik, Bob Sadino juga punya kiat-kiat nyeleneh agar bisa menjadi seorang yang sukses secara finansial. Tertarik untuk bisa sukses seperti Bob Sadino? Simak perjalanan hidup beserta wejangan-wejangan dari mendiang Bob Sadino berikut ini, Sobat Alter!

Lahir dari keluarga berkecukupan

Sebenarnya Bob Sadino lahir dari keluarga yang sangat berkecukupan. Warisan dari orang tuanya yang didapat saat ia berusia 19 tahun bahkan mampu mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Namun, alih-alih memilih hidup tenang dengan harta warisan, Bob justru memilih untuk berkeliling dunia.

Setelah puas menjelajah dunia, Bob memutuskan untuk tinggal di Belanda dan bekerja untuk Djakarta Lloyd. Di sana ia kemudian memutuskan untuk menikahi Soelami Soejoed. 

Sembilan tahun berselang, Bob dan keluarga kecilnya memutuskan untuk kembali ke Tanah Air pada 1967. Kepulangan Bob saat itu bisa dibilang sangat mewah karena ia juga mengangkut dua buah mobil Mercedes miliknya. Sesampainya di Tanah Air, ia bahkan membeli tanah di kawasan elite Kemang, Jakarta Selatan.

Keluar dari pekerjaan kantoran

Pulang ke Indonesia juga membuat Bob terbuka akan pemikiran-pemikiran baru. Salah satunya adalah keinginan untuk mulai merintis usaha sendiri dan berhenti menjadi karyawan. Ide tersebut pun ia jalani. Ia keluar dari perusahaan yang memberinya gaji besar dan memutuskan untuk menyewakan dua mobil mewahnya.

Baca juga:  Dian Sastro Akan Hadir di Balik Layar Lewat Film Guru-Guru Gokil

Sayang, pada suatu saat, mobil-mobil mewah tersebut harus mengalami kerusakan parah sehingga tidak dapat digunakan lagi. Dengan penghasilan yang tidak seberapa, Bob pun tidak bisa memperbaiki mobilnya seperti sedia kala. Ia akhirnya memilih untuk menjadi seorang kuli bangunan dengan gaji Rp100 setiap hari.

Rintis bisnis baru tanpa pikir panjang

Perubahan karier dari seorang pekerja kantoran menjadi kuli bangunan tentu membuat mental Bob jatuh. Ia bahkan sempat merasa depresi di masa-masa itu.

Beruntung, seorang rekan menyarankan Bob Sadino untuk memulai bisnis telur ayam negeri. Bob, yang memang terkenal tidak suka membuat perencanaan, pun langsung mengiyakan ide tersebut. Dengan modal seadanya, ia mulai merintis bisnis telur ayam negeri untuk bersaing dengan telur ayam kampung yang populer saat itu.

Namun, lama-kelamaan bisnis nekat Bob mulai mendapat pasar tersendiri. Para ekspatriat dan orang Indonesia yang lama bermukim di luar negeri sangat menyukai telur dagangannya. Harga telur ayam negeri yang cukup bersahabat pun lama-kelamaan menarik lebih banyak pembeli lokal. Siapa sangka, kesuksesan tersebut dimulai dari pemikiran “bodoh” karena diambil dalam waktu singkat?

Segera kembangkan bisnis baru

Meski bisnis telur ayam negeri miliknya bisa dibilang tidak selalu mulus, Bob tidak kapok untuk memulai bisnis baru yakni berjualan daging ayam kampung. Pada awal-awal perluasan bisnis ini sudah bisa diduga. Bob selalu merugi karena orang-orang tidak terlalu tertarik dengan daging ayam negeri.

Baca juga:  Hendra Setiawan Anggap Julukan ‘Dewa’ untuk Dirinya Terlalu Berlebihan

Namun, dalam buku Belajar Goblok dari Bob Sadino, justru hal itulah yang dicarinya. Ia menganggap bahwa kerugian dan kegagalan adalah sebuah hal yang wajib dilalui sebelum mencapai kesuksesan. 

Sebenarnya masih ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kehidupan mendiang Bob Sadino. Namun, dari sini saja Sobat Alter bisa belajar bahwa pemikiran-pemikiran nyeleneh atau bahkan bodoh seperti mencari kegagalan pun bisa mendatangkan kesuksesan. Bagaimana, Sobat Alter, tertarik untuk mengikuti tips bisnis ala orang bodoh dari Bob Sadino?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id