Connect with us

Tips Inspiratif

Hati-hati, Bullying Bisa Kena Penjara!

Saat ini sedang marak bullying. Pelakunya bisa terkena pidana. Nah Mau tahu dampak dan akibat bullying, yuk baca artikel ini.

bahaya bullying

Altermedia.id – Sering kali kita membaca tentang bullying. Apa sih bullying itu? Secara umum, bullying atau perundungan bisa diartikan sebagai tindakan atau perilaku kurang menyenangkan atau menyakiti orang lain baik secara fisik maupun psikis.

Perlakuan perundungan saat ini banyak terjadi di tatanan masyarakat. Perilaku ini terjadi hingga di lingkungan akademik seperti sekolah, kampus, dan lembaga pendidikan lainnya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, tindakan bullying adalah tindakan yang tidak terpuji dan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi korban.

Korban bullying dapat mengalami trauma. Dalam beberapa kasus, korban mengalami trauma yang lama. Yang lebih parah adalah trauma psikologis, yang mampu mengganggu kelangsungan hidup seseorang.

Dampak lainnya adalah orang yang terkena bullying akan kehilangan rasa percaya dirinya hingga mengakibatkan rasa putus asa berkepanjangan.

Selain korban, pelaku bullying juga turut merasakan dampak negatif dari perlakuanya. Pada dasarnya, perilaku merundung orang lain tidak memiliki dampak positif. Tindakan ini bahkan bisa merusak relasi pertemanan.

Hal yang paling mudah dilakukan oleh pembully adalah meminta maaf pada korban. Meski demikan, kata maaf tidak bisa serta-merta menghapus trauma yang telah dialami korban.

Saat ini, Indonesia memiliki Undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dalam UU ini, terdapat pasal yang lebih sesuai terhadap pelaku cyber-bullying, yaitu pasal 45 ayat 1, yang berbunyi: setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 27 ayat (1), ayat (3), ayat (4) dipidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.1.000.000.000,-

Baca juga:  Begini Langkah untuk Menjadi CEO Perusahaan

Nah, kalau sudah tahu dampak dan akibat bullying, yuk mulai dari sekarang untuk meniatkan hati tidak melakukan perilaku merusak itu dalam bentuk apa pun.

Saling menghargai dan menghormati satu sama lain adalah tindakan terpuji dan mampu memberikan rasa aman di mana pun kita berada. So, stop bullying!

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id