Connect with us

Tokoh Alter Media

Andre Wiredja dan Inspirasi Tanpa Batas

Awalnya, Andre hanya menjalani begitu saja hobby fotografi-nya. Tapi, semakin dijalani, kecintaannya pada seni membuatnya jatuh semakin dalam.

Altermedia.id – Anak pertama dari dua bersaudara, lahir di Bandung pada 1986, sejak kecil, Andre diasuh oleh Omanya. Meskipun terpisah dari kedua orang tua, Andre tidak lantas kehilangan pengajaran dan pendidikan dari orang tua. Oma yang membesarkannya mengenyam pendidikan Belanda, sehingga menempa Andre dengan kedisiplinan, kemandirian, ketepatan waktu, dan tanggung jawab.

Oma juga mengajarkan Andre menjadi anak yang cinta pada alam dan lingkungan sekitar. “Dulu Oma sering ajak gue ke pasar menemaninya belanja. Kadang Oma juga mengajak mencari lokasi wisata alam dan keluar kota,” kenangnya. Pengalaman-pengalaman itu membuatnya jadi banyak pengetahuan tentang tempat-tempat yang unik untuk berlibur.

Setiap kali Andre kangen pada pengalaman tersebut, Andre menyempatkan diri untuk berlibur jauh dari keramaian kota Jakarta atau sekadar pulang ke Bandung untuk bertemu teman-teman semasa kecil. Andre selalu tertawa geli ketika menceritakan masa kecilnya. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, ia selalu memiliki teman yang sama. “Kita rasanya enggak naik kelas. Temennya ini-ini aja,” ujarnya. Teman-teman itu pula yang membuatnya selalu merindukan pulang ke Bandung.

Oma membuat peraturan yang ketat yang mengatur kapan waktunya bermain dan kapan waktunya belajar. Meskipun begitu, Andre masih diizinkan untuk bermain video games di rumah temannya. “Bisa tiga sampai empat kali seminggu gue main video games,” kenangnya. Peraturan yang dibuat Oma membuatnya terbiasa berdisiplin, tepat waktu, tanggung jawab, dan selalu berusaha keras.

Baca juga:  6 Pemuda penemu permata di Pulau Alor

“Jangan pernah puas. Begitu kita puas, kita akan berhenti berkarya,” kata Andre mengutip prinsip hidupnya menempa diri.

Andre memulai hobinya pada fotografi secara tidak disengaja. Ketika itu, salah satu teman kuliahnya membawa kamera digital, dan kemudian Andre tertarik untuk mengulik kreativitasnya menggunakan kamera tersebut. Masa awal Andre mengenal fotografi adalah masa saat Andre mencari jawaban atas kecintaannya pada seni. Kala itu, Andre sedang mengeksplorasi seni menggambar. Langkahnya mendalami seni sempat terhenti, sampai ketika ia menemukan ‘waktu’ eksplorasi seni fotografi.

Andre kecil memiliki kesukaan pada buku-buku ensiklopedia. Sering ia tenggelam dalam buku-buku. Ketika mulai mengeksplorasi seni fotografi, Andre banyak membaca buku dan majalah fotografi. Lanskap, potret, fesyen, dan banyak subkategori fotografi ia pelajari dan coba satu per satu hingga akhirnya menemukan fotografi fesyen sebagai salah satu jalannya.

Sayangnya, ketika itu di Bandung belum banyak memiliki tempat belajar mengenai fotografi fesyen. Karenanya, Andre memutuskan untuk merantau ke Jakarta mencari tempat belajar fotografi secara profesional sekaligus mencari pengalaman kerja. Berbekal referensi dari seorang teman dan portofolio yang ia kumpulkan, Andre memulai karier pertamanya di salah satu majalah fashion kenamaan di Jakarta. Dalam waktu 5 bulan, Andre mengasah dan menempa diri.

Sandra, salah satu mantan atasannya, kemudian menawarkan lowongan magang di NPM Studio milik Nicoline P. Malina. Dengan dukungan dari Sandra, Andre pun mendapatkan pekerjaan di NPM Studio. “Nicoline itu adalah orang yang memiliki persistence dan perseverance,” ungkapnya menggambarkan Nicoline. “Karena Nicoline, saya menjadi seperti saya yang sekarang ini,” tambahnya lagi. Berulang kalimat itu diucapkan selama wawancara dengan tim Altermedia.

Baca juga:  Rustica Cucina Italiana: Serasa Berada Di Italia

Andre berharap akan semakin banyak fotografer muda di Indonesia. “Jangan panas di awal-awal. Harus terus mencari jati diri, eksplorasi terus, karena fotografi itu luas. Banyak yang harus dipelajari dan dipraktikkan,” ujarnya berbagi tips. Semua teori itu bagus, tapi orang itu sendiri yang harus menemukan jalan atau karakternya di fotografi, tutupnya.

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id