Connect with us

Tips Inspiratif

8 Manfaat Pentingnya ASI bagi Pertumbuhan Anak

Memberikan ASI pada anak merupakan pilihan terbaik. Selain untuk membantu tumbuh kembang anak, inilah manfaat pentingnya ASI bagi pertumbuhan anak. Yuk simak.

Pentingnya ASI
Sumber: google image

Altermedia.id – Mungkin masih banyak ibu yang belum menyadari pentingnya ais susu ibu (ASI) bagi tumbuh kembang anak karena kurangnya literasi. Maka, tidak mengherankan jika banyak ibu yang justru bergantung pada susu formula.

Padahal, ASI memiliki segudang manfaat bagi perkembangan otak dan juga pertumbuhan tubuh si anak.  

Manfaat ASI untuk Pertumbuhan Anak

Berikut ini adalah delapan (8) manfaat pentingnya ASI bagi pertumbuhan anak. Semoga dengan pemaparan ini, para ibu lebih sadar untuk memberikannya secara rutin:

1. Memiliki Banyak Kandungan Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Anak

Pentingnya ASI bagi pertumbuhan anak karena memiliki kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak usia 0-6 bulan. Pada masa ini, anak yang baru lahir belum bisa mencerna makanan apa pun selain ASI. Hanya ASI yang paling dibutuhkan anak pada usia ini.

2. Membuat Kekebalan Tubuh Anak Meningkat

Kandungan ASI yang kaya akan nutrisi juga membentuk sistem antibodi yang dibutuhkan bayi agar terhindar dari penyakit serius. Bayi yang kekurangan ASI, khususnya di usia-usia awal, akan mengalami sistem kekebalan tubuh rendah dan sangat rentan jatuh sakit.

3. Menyempurnakan Sistem Pencernaan

Bayi yang baru lahir belum memiliki sistem pencernaan yang baik sehingga ASI merupakan satu-satunya makanan yang mampu diterima oleh sistem pencernaan bayi.

Pada masa-masa ini, ASI membantu menyempurnakan sistem pencernaan bayi hingga mencapai usia di mana pencernaannya siap menerima makanan selain ASI.

Baca juga:  10 Barista Ganteng yang bisa Meracik Hati Kamu

4. Membantu dan Memperkuat Proses Pembentukan Tulang

Di antara banyak kandungan nutrisi ASI, salah satunya adalah kandungan kalsium. Kandungan kalsium dalam ASI membantu proses pembentukan tulang bayi dan memperkuatnya.

Jika anak tidak diberikan cukup ASI pada masa-masa awal kelahiran, maka dikhawatirkan akan kekurangan kalsium dan mengganggu proses pembentukan tulang bayi.

5. Memperkecil Risiko Terserang Penyakit

Pentingnya ASI bagi anak bayi karena kandungan nutrisinya yang tinggi hingga membentuk dan memperkuat sistem antibodi bagi tubuh bayi. Sistem antibodi ini akan menurunkan risiko bayi terserang penyakit.

6. Mencegah Alergi Pada Anak

Tidak hanya rentan terserang penyakit dan memiliki sistem pencernaan yang masih rendah, anak bayi juga rentan terkena alergi. Pentingnya ASI bagi anak bayi bertambah, yakni dapat mencegah alergi akibat kekebalan tubuh bayi yang rendah.

7. Sebagai Makanan Paling Tepat Untuk Anak

ASI merupakan satu-satunya makanan yang paling tepat untuk anak bayi pada masa-masa awal kelahiran. Tubuh bayi yang masih lemah dan belum terbiasa dengan kondisi di luar rahim ibunya membuatnya butuh makanan yang paling tepat dan cepat untuk tumbuh kembangnya. ASI merupakan makanan yang paling tepat tersebut.

8. Membuat Berat Badan Anak Ideal

Pentingnya ASI yang terakhir berkaitan dengan berat badan ideal si anak bayi. ASI memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan anak bayi sehingga jika dikonsumsi secara rutin sampai usia tertentu akan menjaga berat badan ideal si anak bayi.

Baca juga:  Manfaat Membuat Asuransi Umum Maupun Khusus

Ada banyak manfaat pentingnya ASI bagi tumbuh kembang anak di luar dari yang sudah disebutkan di atas. Memang tidak semua ibu yang baru melahirkan bayi dapat memproduksi ASI yang mencukupi kebutuhan bayi.

Namun, jika bisa diusahakan, maka ada baiknya lebih mengandalkan memberi ASI pada anak daripada bergantung pada susu formula. Anak merupakan aset berharga dan juga tanggung jawab orang tuanya.

Maka, memberikan susu yang terbaik untuk anak merupakan suatu keharusan.

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id