Connect with us

Tips Inspiratif

7 Perawatan Motor Matic yang Kadang Terlupakan

Perawatan motor matic penting untuk dilakukan. Namun ada beberapa langkah yang sering dilupakan. Seperti beberapa langkah perawtan berikut ini.

Perawatan Motor Matic yang Kadang Terlupakan

Altermedia.id – Saking asyiknya naik motor matic, sebagian dari kamu mungkin melupakan agenda rutin perawatan. Jangan beranggapan bahwa asal masih bisa jalan berarti motor matic masih waras.

Perawatan Motor Matic yang Kadang Terlupakan

Benarkah demikian? Ternyata anggapan itu salah besar. Nah, agar motor matic-mu awet, perawatan rutin apa saja yang wajib kamu lakukan?

Lakukan Pemanasan Sebelum Penggunaan

Bagaimana jika lupa memanaskan motor matic sebelum dikendarai? Risikonya besar sekali. Bisa-bisa mesin mati di tengah jalan secara tiba-tiba karena mesin kurang panas. Dengan memanasi motor sebelum digunakan, seluruh motor bagian dalam akan terlumasi oli sehingga temperatur mesin selalu dalam keadaan stabil.

Gunakan Motor dengan Baik

Ingat! Motor matic berbeda dengan motor persneling. Jangan naik turunkan gas dan rem secara tiba-tiba, atau dengan kata lain melaju kencang dengan tiba-tiba atau mengerem mendadak.

Melakukan hal tersebut berulang-ulang justru akan memendekkan umur motor. Lajukan motor sewajarnya saja.

Gantilah Oli secara Rutin

Kebiasaan banyak orang, kalau sudah mengendarai motor, pasti lupa perawatan, terutama ganti oli. Jangan abaikan penggantian oli secara berkala.

Ganti oli mesin setiap pemakaian 1.500 – 2.000 km. Kalau sampai terlalu sering lupa, berbagai elemen motor akan terkena dampak kerusakan.

Perhatikan Masalah Bahan Bakar

Memakai bahan bakar oplosan yang sering dijual di pinggir jalan memang murah. Sayangnya, jika dilakukan secara terus menerus, justru akan merusak mesin motor.

Baca juga:  Lakukan Ini untuk Gali Ide Creativepreneur!

Pakailah bahan bakar resmi yang dijual di SPBU resmi agar mesin motor tetap awet.

Periksa Kondisi Aki dan Busi

Aki dan busi adalah dua komponen utama bagi motor matic. Jadi, perhatikan betul-betul ya! Jika terjadi kerusakan, jangan menunggu terlalu lama untuk memperbaiki.

Segera lakukan perbaikan jika otomatis starter sudah tidak berfungsi lagi.

Periksa Roller Dan V-Beltnya

Dua hal dalam ruang transmisi ini selalu rentan dengan kerusakan. Selalu lakukan pemeriksaan secara rutin. Jika terjadi kerusakan, bisa diganti dengan yang baru dan asli.

Penggantian Shockbreaker

Hindari mengangkut beban berat pada motor agar shockbreaker lebih awet. Jika terdengar suara yang kurang enak dari shockbreaker, segera adakan penggantian dengan yang baru.

Blad bread dude with mind full of curiosity. A student of life decide to learn by listening story of million minds of others precious thoughts

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Topics

Trending

Copyright © 2019 Altermedia.id