Connect with us

LIfestyle

5 Kerajinan Tangan Indonesia Favorite Mancanegara

5 Kerajinan Tangan Indonesia Favorite Mancanegara. Indonesia adalah negara yang unik dengan keberagamannya. Kekayaan alam di Indonesia saja seakan tak pernah habis dan kini berbagai olahan tangan pun ikut menghiasi dunia. Nah, kerajinan tangan Indonesia favorite mancanegara berikut bukan saja terkenal di negara lokal namun sudah merambah ke seluruh dunia.

shopping oleh - oleh dimana yah?
Photo: Doc Altermedia Indonesia

Altermedia.id – 5 Kerajinan Tangan Indonesia Favorite Mancanegara. Kerajinan tangan Indonesia ini menjadi terkenal dan bahkan favorite loh diluar negeri, Mau tau apa saja berikut ini ulasan lengkapnya. Inilah 5 Kerajinan Tangan Indonesia Favorite Mancanegara

Batik

Batik Cirebon. Doc: wikipedia Indonesia.

Batik adalah pakaian ciri khas Indonesia yang menjadi kebanggan, Batik termasuk 5 kerajinan tangan Indonesia yang terkenal di luar negeri dan menjadi favorite. Batik juga mempunyai nilai yang tinggi bahkan batik Indonesia ini sudah mendapat gelar dari UNESCO sebagai karya agung warisan budaya lisan dan non bendawi manusia (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Begitu juga dengan presiden Indonesia saat ini dikenal sebagai pecinta batik, jadi lengkap sudah pemerhati batik di Indonesia. 

Ukiran Kayu

macan kurung termasuk kerajinan Tangan Indonesia yang banyak dicari – ukiran jepara. Doc: wikipedia indonesia

Ukiran Kayu memang menjadi seni yang patut dihargai sebab tidak semua orang bisa menghasilkan ukiran yang bagus, berkualitas dan bermakna. Indonesia yang sudah cukup kaya dengan sumber daya alamnya. Dan kini kayu tertentu yang dipilih ternyata bisa diukir oleh para pengukir. Ukiran yang dihasilkan oleh pengrajin memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sehingga ini pun bisa menjadi ladang usaha bagi masyarakat kecil yang bisa mengukir dengan bagus. 

Bukan itu saja, sebab ukiran dari Jepara sudah bisa tembus pasar internasional sekelas dengan Eropa. Mulai dari jenis patung, relief ataupun kaligrafi. Berbagai negara lain suka dengan ukiran sebab hasil ukirannya yang cukup bagus dan berkualitas. 

Anyaman

Anyaman Bambu. Doc. wikipedia Indonesia

Anyaman sudah dihasilkan sejak zaman dulu oleh para orang tua terdahulu dan ilmu ini bisa diturunkan kepada anak cucunya. Namun, tidak semua orang tertarik pada hal semacam ini apalagi ada sebagian yang menganggap ini kuno atau aktivitas orang zaman. Namun pasar nasional menganggap anyaman adalah suatu benda bernilai bahkan untuk diekspor ke luar negeri, hal ini tidak dipermasalahkan. 

Karena dengan anyaman ada banyak barang cantik yang bisa dihasilkan. Bukan cantik saja tetapi juga memiliki manfaat yang positif untuk kehidupan. Dianataranya bambu yang bisa dianyam oleh pengrajinnya hingga menghasilkan kotak tisu dari anyaman bambu. Juga bisa dibuat keranjang multifungsi untuk menyimpan berbagai barang,  tatakan gelas hingga benda lainnya. Kreasi inilah yang menarik masyarakat luar negeri untuk membelinya, dan bahkan anyaman bambu pun sudah masuk ke ranah internasional. 

Tenun

pengrajin tenun pulau alor
Tenun Pulau Alor, Doc: Altermedia.id

Ini juga sudah dipraktikkan sejak zaman dulu dan hingga kini di beberapa tempat masih melakukan aktivitas menenun. Namun kerajinan tenun ternyata bukan saja disukai oleh masyarakat Indonesia sebab negara lain yang ada dunia pun tertarik dengan hal semacam ini. Hasil tenunan misalnya songket tenun khas Sumatera, khas Kalimantan hingga Nusa Tenggara dan tentu saja tidak semua motifnya atau warnanya sama. 

Orang mancanegara menyukai hasil tenun sebab hasil tenun selalu dengan motif yang unik.  Juga ada makna tertentu di baliknya sebagai bentuk hubungan yang erat di suatu daerah.

Wayang

Wayang Bali, Doc: wikipedia Indonesia

Hasil seni yang satu ini cukup berbeda dengan kerajinan tangan yang lain namun tetap memiliki keunikannya. Apalagi wayang dimanfaatkan untuk pertunjukan yang memiliki makna yang baik untuk kehidupan. Meskipun kadang terlihat sederhana, namun jangan salah sebab wayang bisa bernilai cukup mahal. 

Apalagi perwayangan sudah disukai oleh masyarakat luar negeri sejak lama. UNESCO pun sudah mengakui bahwa wayang ini ialah kerajinan tangan Indonesia yang bisa menjadi warisan budaya. Keunikannya sebab tidak semua orang bisa membutuhkan wayang karena proses pembuatan wayang harus memiliki keahlian dan kesabaran. 

Nah, itulah 5 Kerajinan Tangan Indonesia Favorite Mancanegara. Setelah membaca artikel ini, sudah banggakah Anda tinggal di Indonesia? 

Baca juga :

Mantan Karyawan Media, Advertising dan MarComm yang sekarang menggeluti Bidang Konsultan Komunikasi

Copyright © 2020 Altermedia.id